RSS .92| RSS 2.0| ATOM 0.3
  • Home
  • Album Foto
  • Jadwal Diklat PBJ
  • Jadwal Saya
  • Tentang Saya (1)
  • Tentang Saya (2)
  •  

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H

    September 30th, 2008


    Alhamdulillah, 1 Syawal 1429 H sudah masuk

    September 30th, 2008

    Kemarin, saat mendengarkan hasil sidang Itsbat yang dilaksanakan oleh Departemen Agama yang menetapkan bahwa 1 Syawal akan jatuh pada tanggal 1 Oktober 2008, saya segera mencari informasi-informasi alternatif lainnya. Namun, kepastian untuk Hilal yang lain masih belum jelas.

    Alhamdulillah, pagi ini, setelah bangun, melihat berita di Detik.com yang menjelaskan bahwa di Arab Saudi dan sebagian Timur Tengah hilal sudah terlihat dan mereka sudah melaksanakan Shalat Ied pada hari ini, Selasa 30 September 2008, maka dengan ini sebenarnya pada hari selasa sudah masuk ke 1 Syawal 1429 H.

    Read the rest of this entry »


    Laskar Pelangi – The Phenomenon (resensi buku)

    September 29th, 2008

    Setelah membaca 3 buku dari tetralogi Laskar Pelangi, dan pada tanggal 25 September yang lalu bela-belain antri untuk nonton Film Laskar Pelangi (resensinya dapat dibaca disini), kemarin saat jalan-jalan di Gramedia Panakkukang Plaza Makassar, saya tertarik dengan sebuah buku dengan judl Laskar Pelangi – The Phenomenon, yang dikarang oleh Asrori S. Karni.

    Kalau buku laskar pelangi bercerita mengenai si Ikal (Andrea) dan petualangannya, maka buku ini menceritakan lebih jauh mengenai akibat dari buku Laskar Pelangi terhadap beberapa pembacanya. Selain itu, juga menceritakan informasi tambahan mengenai tokoh-tokoh Laskar Pelangi, utamanya tentang bu Mus yang luar biasa.

    Dari buku ini, salahs atu kisah yang membuat saya amat tersentuh, adalah kisah kepercayaan Bu Mus terhadap anak didiknya, dan juga kepercayaan anak didiknya yang luar biasa kepada pengabdian Bu Mus.

    Read the rest of this entry »


    Temu Akbar LINUXer Makassar

    September 29th, 2008

    Hari Sabtu kemarin adalah hari yang cukup membahagiakan, karena setelah bertahun-tahun akhirnya bisa berkumpul lagi dengan teman-teman LUGU (Linux User Group Ujungpandang).

    Awal saya ikut pertemuan ini adalah melalui diskusi yang dilaksanakan pada mailing list LUGU, yang akhirnya berkembang dengan amat pesat, termasuk langsung menetapkan tanggal pelaksanaan, yaitu tanggal 27 September, karena saat itu kebetulan saya juga ada waktu luang. 

    Akhirnya, pada tanggal dan waktu yang ditentukan, saya segera menuju ke Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (UNHAS) yang merupakan tuan rumah penyelenggara kegiatan.

    Dasar sudah lama tidak ke UNHAS, saya selama 30 menit nyasar kiri kanan dulu. Akhirnya, dengan dipandu via telepon (untung gak dipandu pakai GPS dan Helikopter), sukses juga mencapai ruang pertemuan di Fak. Kedokteran Lt. 3.

    Pandangan pertama saat mendekati ruang pertemuan adalah….KANTIN…..artinya….makan-makan nih…hehehe (dasar otak makanan)

    Read the rest of this entry »


    Mudik dan Kebiasaan Buruk Penumpang di Atas Pesawat

    September 28th, 2008

    Akhirnya mudik juga…kembali ke Makassar setelah berbulan-bulan berada di Jakarta. Berangkat dari Jakarta via Lion Air 774, yang rencananya take off jam 11.55 WIB akhirnya molor sampai 13.00 WIB karena pesawat dilarang terbang.

    Apa pesawatnya rusak ? Atau ada kendala teknis ?

    Rupanya, di Bandara Hasanuddin sedang ada Presiden yang meresmikan bandara tersebut, dan menurut aturan penerbangan, apabila ada tamu VVIP yang berada di sebuah bandara, maka penerbangan ke bandara tersebut untuk sementara ditutup atau dialihkan 🙁

    Untung membawa beberapa buku bacaan, jadi tidak terlalu BT menunggu pesawat yang hedak take off, dan untung juga nunggunya diatas pesawat dengan AC yang berfungsi, karena biasanya Lion Air paling senang melakukan penghematan dengan baru menyalakan AC saat pesawat sudah take off.

    Read the rest of this entry »


    Laskar Pelangi (sebuah resensi)

    September 26th, 2008

    Sejak mengetahui bahwa Laskar Pelangi akan dibuat film, maka sejak itu juga saya bertekad untuk menyaksikan filmnya.

    Mengapa ?

    Karena novel Laskar Pelangi juga merupakan salah satu novel yang paling berkesan bagi saya. Yang menceritakan pendidikan disebuah daerah dengan sangat gamblang, beserta suka duka guru maupun siswanya yang bening bagaikan air.

    Hari ini merupakan pemutaran perdana film tersebut serentak di Indonesia (atau cuman Jakarta yah…), dan karena pengalaman dengan pemutaran perdana film-film lainnya, dimana biasanya penuh sesak atau memperoleh tempat duduk barisan depan yang amat sangat tidak nyaman sekali, maka hari ini, untuk pemutaran pukul 16.45, saya sudah antri di Plaza Senayan XXI pukul 10.00 WIB 😀

    Akhirnya, malah menjadi pembeli tiket yang pertama 😀

    Nah, bagaimana resensi dan kesimpulan saya ?

    Read the rest of this entry »


    Hari-hari menjelang Lebaran

    September 25th, 2008

    Tahun ini adalah tahun ketiga saya mendapati Ramadhan di Jakarta, dan rutinitas tahunan menjelang lebaran mulai terasa akhir-akhir ini.

    Ada beberapa hal yang mulai terasa pada rutinitas menjelang lebaran, yaitu:

    1. Lalu lintas di Jakarta mulai “manusiawi.” Lho, emangnya hari-hari biasa tidak manusiawi ? Jawaban saya adalah iya. Hari-hari biasa, berkendara di jalan-jalan Jakarta merupakan sebuah ujian ataupun siksaan. Penuh kemacetan dan debu yang merusak kesehatan. Namun, beberapa hari ini, berkendara menjadi satu hal yang menyenangkan. Malah sempat-sempatnya berjalan pelan-pelan dan menikmati pohon dan keindahan tanaman di kiri kanan jalan 🙂
    2. Kantor mendadak sepi, kemudian ramai, lalu sepi kembali :D. Nah, ini yang seru, sepi menjelang minggu-minggu terakhir ramadhan, kemudian ramai saat pembagian THR, setelah itu, sunyi senyap kembali.
    3. Pikiran mulai bercabang 2, antara kerja dan mudik 😀
    Anyway, busway, selamat menuju lebaran nih 🙂

    Berapa Jumlah Kabupaten di Indonesia ?

    September 23rd, 2008

    Berapakah jumlah kabupaten di Indonesia ???

    Sebuah pertanyaan sederhana namun sulit dijawab secara pasti. Mengapa ? Karena sejak otonomi daerah digulirkan, keinginan untuk mekar dan membentuk daerah otonomi sendiri juga hampir tak terbendung.

    Siang ini, sambil iseng melihat-lihat Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik pada situs Republik Indonesia, secara tidak sengaja melihat juga Undang-Undang tentang pembentukan beberapa kabupaten. Karena pada tahun 2006 hingga April 2008 mengelola Jardiknas, saya sedikit banyak hapal beberapa nama Kabupaten, namun, setelah melihat nama-nama kabupaten tersebut, rasanya janggal di telinga.

    Bahkan, sebagai orang Sulawesi Selatan, saya baru tahu bahwa saat ini sudah ada Kabupaten Toraja Utara yang terletak di Propinsi Sulawesi Selatan. Nah lho…

    Read the rest of this entry »


    Ubah desain ke Alpen 3column

    September 23rd, 2008

    Entah kenapa setelah makan sahur hari ini tiba-tiba pikiran agak berubah setelah melihat blog ini. Tampilan themes Contempt yang sebelumnya selalu menemani sejak masih di wordpress.com hingga migrasi ke wordpress.org serasa sudah tidak sesuai lagi. 

    Setelah lama berpikir, akhirnya dapat juga jawabannya. Memang themes saya yang harus berubah sesuai dengan perubahan kebiasaan dan pola pandang. Bahkan seorang Budi Raharjo saja sampai mencoba berganti-ganti themes agar sesuai dengan kebiasaan menulisnya.

    Penyebab themes Contempt tidak sesuai lagi adalah:

    1. Widget yang saya gunakan cukup banyak, malah sampai 13 Widget, sehingga kalau diurut secara vertikal, maka panjang widget sudah melebihi panjang postingan. Ini akan menyusahkan pembaca kalau harus scroll ke bawah dengan cukup panjang.
    2. Blogroll yang cukup banyak. Gak enak juga dengan teman-teman yang sudah tukaran link kalau link mereka tidak dicantumkan. Juga beberapa nama adalah referensi penting untuk berbagai hal, jadi saya pikir penting tetap mencantumkan mereka
    3. Nah ini yang baru, yaitu dengan bergabung dengan Google AdSense, maka perlu ruang cukup besar untuk iklannya. Jadi harus ada ruang khusus untuk ini

    Read the rest of this entry »


    Siswa Mengajar Guru

    September 22nd, 2008

    “Tuntutlah ilmu hingga ke negeri China.” Sebuah kalimat yang amat tidak asing di telinga kita, yang menggambarkan pentingnya pendidikan tersebut sehingga walaupun harus menempuh jarak yang jauh.

    Nah, salah satu hal yang “khas” dalam pendidikan ini adalah “tidak ada tua maupun muda” dalam istilah ilmu dan pengetahuan. Umur bukanlah jaminan mengetahui segalanya, karena kekhususan dan kekhasan pengetahuan seseorang tidak bergantung pada usianya, melainkan kapan dia mempelajari pengetahuan tersebut.

    Pagi ini, setelah iseng mencari-cari di search engine tentang diri sendiri (narsis mode on), saya menemukan sebuah dokumen yang pernah saya buat tahun 2002 yang lalu yang sebenarnya sudah lama saya cari-cari.

    Read the rest of this entry »