Tarif IM3 diturunkan menjadi 0,00000000001 / detik

Setelah beberapa hari ini memperoleh “isu” tentang tarif XL yang akan turun menjadi 0,00….1 / detik, namun sampai hari ini belum ada informasi satupun di website resmi XL, pagi ini saya terkaget lagi melihat justru IM3 yang sudah meluncurkan program resmi dengan 0,00000000001/detik.

Dengan komponen biaya ini, maka sebenarnya sudah dapat dianggap “gratis”

Informasi ini juga sudah dimuat pada website resmi IM3 yang dapat dilihat disini, sehingga saya berani mengeluarkan analisa biayanya dan mencoba kembali membandingkan dengan program sebelumnya.

Skema secara umum untuk program ini adalah:

  • Nelpon ke sesama Indosat (IM3, Mentari, Matrix dan Starone) hanya Rp 0,00000000001/ detik setelah 90 detik (detik ke 91 dan seterusnya). Tarif Rp 15/ detik untuk 90 detik pertama (1,5 menit).
  • Nelpon ke operator lain dan PSTN setelah 90 detik (detik ke 91 sampai 180) hanya Rp 0,00000000001/detik, kemudian berulang kembali. Tarif Rp 25/detik untuk 90 detik pertama.

Disini  terlihat bahwa promo ini masih dikaitkan dengan alokasi waktu tertentu untuk pemberlakukannya, sehingga masih diperlukan “hitung-hitungan” khusus.

Mari kita coba hitung dengan beberapa skenario (sekali lagi, saya mencoba menghitung ke lain operator, bukan sesama Indosat):

  1. Pemakaian 90 detikBiaya yang dikeluarkan pada skenario  ini masih tetap sama dengan  tarif sebelumnya, yaitu  90 x 25 = Rp. 2.250,-
  2. Pemakaian 120 detik (2 menit)Disini efek dari program tersebut sudah terasa, dimana biaya yang dikeluarkan adalah (90 x 25) + (30 x 0,00000000001) = 2.250,0000000003, atau dapat dianggap sama dengan Rp. 2.250,-. Rata-rata biaya pemakaian per-detik adalah Rp. 18,75
  3. Pemakaian 180 detik (3 menit)Ini adalah skema yang termurah untuk IM3, dimana tarif terendah berada pada posisi ini. Biaya yang dikeluarkan pelanggan adalah (90 x 25) + (90 x 0,00000000001) = 2.250,0000000009 atau dapat dianggap sama dengan Rp. 2.250,-. Tarif rata-rata adalah Rp. 12,500000000005 atau tetap sama dengan Rp. 12,5 / detik
  4. Pemakaian 240 detik (4 menit)Biaya yang harus dikeluarkan pada skenario ini adalah (90 x 25) + (90 x 0,00000000001) + (60 x 25) = Rp. 3.750,0000000009 atau dapat dianggap sama dengan Rp. 3.750,- dengan rata-rata per-detik sebesar Rp. 15,625
  5. Pemakaian 270 detik (4 menit 30 detik)Skenario ini adalah skenario yang termahal bagi Im3, dimana biaya yang harus dikeluarkan adalah (90 x 25) + (90 x 0,00000000001) + (90 x 25) = Rp. 4.500,0000000009 atau dengan rata-rata Rp. 16, 67 per-detik.
  6. Pemakaian 360 detik (6 menit)Ini adalah pengulangan skenario 180 detik, dimana merupakan skenario termurah dari Im3. Biaya yang dikeluarkan adalah (90 x 25) + (90 x 0,00000000001) + (90 x 25) + (90 x 0,00000000001) = Rp. 4.501,0000000008 atau dengan rata-rata Rp. 12,5 per-detik

Mari sekarang kita coba bandingkan tarif ini dengan tarim promo IM3 sebelumnya yang sudah saya tulis disini dengan nilai promo 0,01 / detik (semua angka dibelakang koma saya hilangkan, karena tidak signifikan dengan pembiayaan):

Apa kesimpulannya ?

Kesimpulannya, sama saja dengan program 0,01/detik. Artinya, masih tetap menggunakan bahasa yang BOMBASTIS untuk mempromosikan sesuatu 🙁

Selama masih ada persyaratan “berlaku setiap kelipatan detik tertentu”, maka masih tidak akan ada perubahan di masyarakat.

This entry was posted in Selular and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

114 Responses to Tarif IM3 diturunkan menjadi 0,00000000001 / detik

  1. tanpabendera says:

    Salam Damai …

    Blog nya bagus .. semoga bermanfaat untuk kita semua ..

    jika berkenan silahkan kunjungi BLOG kami :
    http://tanpabendera.wordpress.com

    tnx …

  2. Eko Prasetyo says:

    Maaf mas khalidmustafa baru sempat balas. Maksud saya sistem pulsa diganti dengan sistem masa aktif saja seperti yang saya tulis di blogku. Tapi sampai sekarang prediksi saya belum terjadi mungkin belum banyak yang pro kontra di postingan saya tersebut. Untuk merealisasikan silahkan ikut berkomentar di blogku dengan mengambil suara setuju tentunya
    (Patrik ayo main lompat tali, hahahahax hahahahax)
    Kabur…..

  3. bambang says:

    kalo dengan simpati pede gmana pak perhitungannya?

    apakah sama aja

  4. ? ? ? ? says:

    Nich Yg Kutunggu Dari IM3:

    1. Tarif Antar-operator Murah Mulai Detik Pertama Ampe Jebol Baterey HP, Ga Pake Nunggu Sekian Detik dulu, Ga Pake Ulang-ulangan.
    2. Tarif GPRS Murah: Time-based Rp25/Menit; Volumebased Rp0,1/Kb. Mulai Pertama dan Seterusnya.

    IM3 Berani Ga Tuch?
    Ga Berani berarti Cemen Aja…

  5. Wawan says:

    Mantap, informasi nya lengkap sekali. Emang saya dari dulu nggak percaya sama yang tarif murah, pasti ada yang nggak bener.
    Ini yang namanya “Menggunakan statistik untuk berbohong”.

    Salut buat Mas Khalid.

  6. Harry says:

    Yang penting makin hari tarif makin murah, bandingkan sama tarif setahun yg lalu,…sekarang lebih mendingan jauh lebih murah, cuman masalahnya kantong orang Indonesia semakin tahun semakin tipis, tarif semurah apapun bakal tambah makin mahal 😛

  7. simple says:

    kawin aja ma monyet??!!

    hmmm… perang tyus deh… kapan yah nelpon n sms selamanya gratis??

  8. emusa says:

    salut abis ama im3 e…salah ama mas khalid.gini2 juga pake im3

  9. Pingback: Tarif IM3 diturunkan menjadi 0,00000000001 / detik «

  10. Pingback: IM3 0,00000000001/detik vs XL 0,00000…1/detik « Duniangie’s Weblog

  11. Pingback: Perang Tarif Seluler, Dagelan atau Bukan? | InfoPulsa

  12. funkshit says:

    gga mudeng kalkulasinya ..

  13. arizane says:

    keren, tapi kadang meleset sama yang dilapangan yah pak, saya 30 menit gag sampe 2000an pak…

  14. tariq says:

    Aku (daftar xl bgm yah

  15. [PaW] says:

    perhitungan yang jeli.. saya mah tetep setia sama halo.. males tuker2 nomor 😀

    yang paling murah? mau gratis? ya ga usah nelpon aja 😛

  16. Pingback: Scrapyard of mine :: Tarif Kian Murmer, Layanan Kian Mahal :: March :: 2008

  17. Pingback: Konsumen Seluler Terjebak Iklan Tarif? « RIBKA And The Backbone

  18. anis danar says:

    tarif m3 beli 1 gratis 1
    tlp 90 dt gratis 90 dt alias 1/2 harga

  19. Padahal ngubah spanduk sampai ribuan atau mungkin ratusan ribu gitu perlu biaya tinggi yah. Paling tidak target omzet baru hasil perubahan harus sangat-sangat lebih besari daripada biaya spanduk 🙂

  20. pico seno says:

    pak Khalid,

    terima kasih atas sharingnya… mudah-mudahan banyak konsumen yang membaca analisis ini sebelum mengambil keputusan, pastinya akan sangat membantu.

    opini saya: seharusnya para operator bersaing di angka yang jauh lebih rendah untuk menit yang lebih panjang atau alternatifnya angka 10.000 – 300.000 untuk flat rate. Seharusnya pertengahan tahun ini flat rate itu sudah bisa terjadi, mengingat backbone di Indonesia barat sudah terbangun penuh dan teknologi voice over ip sudah digunakan secara umum (mereka juga sudah menggunakan untuk tarif yang sekarang).

  21. fadli says:

    apa enaknya jika mau telp terus diomelin… “nmr yg anda tuju sedang sibuk” atau “tidak ada jaringan” atau “jaringan overload” heheheheh ke laut aja deh

  22. Oalah…cermat bener Bapak ini 🙂 Thx banget atas infonya ya 🙂

  23. maz_dandy_niy says:

    Wah.. sangat jeli dalam memperhitungkan tarif yang ditwarkan. Jadi kembali ke diri kitanya aja, jangan mudah percaya ama penawaran yang ada.
    Yah.. namanya juga penawaran, dan itulah BAHASA MARKETTING !!

  24. Pingback: Perang Tarif ala GSM | Voucha Developer

  25. wah alhamdulillah tulisan saya di

    http://deconlabel.com/2008/03/10/tarif-im3-rp-001-ternyata/

    sudah ada yang menjelaskan dengan lebih detail lagi .. 🙂

    thanks mas khalid .. 🙂

  26. tguh says:

    emang tuh..bikin kesel jg indosat.mentang2 promo 0,1 eh setiap 30mnt mati,klo lg ga beruntung ga bisa di hubungi..
    klo emang IM3 bner2 ngasih tarif 0.00000000001.
    bisa tutup lah opertornya,bangkrut mksudnya.

  27. Pingback: adu murah tarif telpon « Manusia bijak seperti air danau yang dalam…begitu tenang dan bening

  28. adek says:

    Buat perbandingan aja. Mohon dikoreksi kalau ada yang salah, berhubung dapet..

    Indosat ( IM3) telepon ke operator lain = Rp.25/detik untuk 90 detik pertama, Rp.0.00000….1 = gratis untuk 90 menit berikutnya, skema berulang untuk menit berikutnya.
    sebagai contoh hitungan menelepon selama 1 jam.

    1 jam = 3600 detik. 3600 dibagi 90 detik = 40. Jadinya dalam satu jam, ada 20 kali tarif Rp 25/detik (1800 detik) dan 20 kali tarif Rp.0.00000….1 (1800 detik).

    -1800 detik (Rp 25/detik) = Rp 45.000

    -1800 detik (Rp.0.0000….1) = gratis

    Total = Rp 45.000 (dalam 1 jam)

    XL ( Bebas ) telepon ke operator lain = terbagi dua perhitungan ( Jawa,Sumatera,Kalimantan,Papua,NTT,Ambon,Papua,Bali, Lombok ) tarif hingga menit ke 2 Rp.25/detik = 2 menit 120 detik = Rp.3000 setelah menit ke 2 hingga menit 10 = 0.0000…1 = Gratis, tetapi setelah 10 menit tarif Rp 10/detik dst.
    contoh hitungan dalam 1 jam (3600 detik)

    -2 menit terpakai = 120 detik = Rp 3000

    -8 menit terpakai = 480 detik = gratis

    -sisa 3000 detik (Rp.10/detik) = Rp 30.000

    total dalam 1 jam = Rp 33.000

    Telkomsel ( PeDe ) telepon sesama & ke operator lain sama tarifnya
    menit ke 1 = 25/detik, menit ke 2-5 Rp 0.5/detik, menit ke 6 Rp. 25/detik, menit ke 7-10 Rp 0,5/detik. skema lanjut seperti itu (berulang setiap 5 menit).

    hitungannya dalam 1 jam yang Rp 25/detik ada 12 kali = 720 detik = Rp 18.000.

    sedangkan untuk yang hitungan Rp 0.5/detik sisa 2.880 detik = Rp 1.440

    Total telepon 1 jam Rp 18.000 + Rp 1.440 = Rp 19.440

  29. Yang terakhir itu tidak benar…

    Sistem 0,5/detik hanya berlaku sesama Telkomsel. Jadi tidak tepat disandingkan dengan program XL dan IM3.

    Infonya sudah saya tulis di:

    http://khalidmustafa.wordpress.com/2008/04/02/analisa-tarif-baru-simpati-pede/

  30. adi says:

    kok tarifx tlp im3 kok tetap mahal itu juga sama dg dlu aja. tarif 0,000000000000000000000000000000000000000000000000001 masih tetap sama gdn dulu ba yakin ajo nol ya om klu tetep sama tlpnya?

  31. rizzson says:

    wallahhh,,,ga ngerti aku….pokoke hidup xl !!!!!
    pulsa 1975 pke nelp 1 jam masih sisa 1300an[lupa pastinya]
    gtw jg apa kesalahan operator,,,tapi ak sering kaya gtu dapetnya,,heheheh
    sering2 aj yeee,,,
    tQ

  32. barang langka says:

    aahh segitu aja ??? harree gene gak punya handphone? pilih yang warna bro, hebat. ato pilih yang murah aja, hemat. harganya itu lho yang bikin aku kesengsem. paling nolnya aja yang dibanyakin, kalo ada yang lebih murah gue kawin lagi ma kambing. bilangnya nol, syaratnya pooolll..

    Neh, sebenernya tarif telpon yang paling murah tuh FREN. Ga percaya? coba deh, “Eh fren fren pinjem handphonenya dong, batere gw ngedrop neh”. hehehe… Mau?

  33. ryuga says:

    percima dikasih harga murah kalau gak bisa buat nlepon…………………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! dan selalu jaringan sibuk!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! terus …… terusan.

    apa jaringannya lagi kencan za………………………… kok selalu sibuk kayak orang lagi selingkuh aja di tlephon selalu sibuk…………………………………………………………………………………………………………………………..!!

  34. rimaniss says:

    agak2 gak nyambung nih, cuma mau curhat dikit:
    CURHATAN NELP SESAMA OPERATOR:
    saya udah nyoba XL, bener sih 600, sampai sejam lebiiiiiiihhh…
    tapi akhir-akhir ini ada masalah, kalo malem sekitar jam 9 ke atas, connectnya sussaaaaahhh banget, fail terus. bukan cuma ke sesama operator, ke operator lain juga gak bisa… tulisannya “no connection” bunyinya kaya sibuk, nut-nut-nut… kenapa ya? apa xl sengaja gitu?
    saya harus nyoba sekitar belasan kali baru bisa nyambung.

  35. wawan says:

    saya kucewa buangetz sama IM3,katanya nelpun murah tapi ko muahal buangetzzzz
    moso pulsa tinggal 4000 cuma 20 menit.iya dulu pulsa segitu busa nelpun 1.5 jam (walopun keputus-putus tiap setengah jam)gemana neeh M3…………………!!!!!!!!!!!!!!??????????????????????????????

  36. WAN says:

    udah mahal sedekahnye ame singapur lagi???

    “kita” untung bangsa buntung!!!!

  37. candra says:

    itu dia yang namanya akal-akalan operator, saya juga pake im3, sebelum dan semasa penggunaan nol panjang ini tetap saja tarifnya sebegitu, nggak siang, nggak malam nggak pagi nggak sore…..

  38. nita says:

    kenapa Im3 thu Setiap 20 menit Selalu Mati????
    Im3 VS XL,,, ga’ Bakal ada mAtinye thu B’ dua…..
    saya jg lom merasakn tarif yg 0,00000000001????????????
    boong ye…..

  39. nita says:

    Im3 bisa nlp Sepuasnya Hanya dikenakan tarif Rp 240 dari jam 7 – 11
    tapi yg saya pertanyakan, knp setiap 7 menit itu selalu mati???
    berarti itu kan tidak puas nama’y????
    Ya Toh??//???? bLs ye..

  40. manda says:

    cba z low im3 bisa d bwa ke luar kota khan enak tuh mas…………………

  41. khanan says:

    knapa si jaringannya sibuk trus pa sering rapat ya! dan juga setiap lima menit mati

  42. rahmad says:

    g’ puuuuuuuuuuaaaaaaaaaaaaaaas percumaaa! lebih baik balik kayak duulu matinya setiap 30 menit cuma 1350 dari pada tipu g’ kan barokah

  43. rahmad says:

    gimana sih? im3 kok 0,00000000000000000000001 bo’ongan percuma klo stiap 5 menit mati n jga jaringannya sibuk terus

  44. Ibnu says:

    IM3 jam nelpon paling murah jam 11malem s/d jam 11 Siang sesama indosat. Kadang2 mati setiap sepuluh menit hehehe…. jadi deh tarifnya mulai kena awal lagi!!!!!! tarif yg 0.000…1nya lenyap!!!!! itulah pintarnya OPERATOR. kan gak ada warning: “AWAS SERING MATI!”

    Im3 mengincar segmen pelajar dan mahasiswa booossss.

  45. Wahjudiono says:

    Buat semua pengguna Seluler Indonesia : Berpikirlah yang bijak jangan mudah tergiur dengan iklan yang memberikan tarif murah ” TAPI “…….

    Sebagai pedoman utama adalah Kolega atau Relasi mana yang paling sering anda hubungi dan gunakan kartu atau operator seluler yang sama dengan mereka yang bisa memberikan tarif murah. Atau cari operator yang mempunyai tarif termurah untuk lintas operator, apapun operatornya tarif murah itu yang kau mau. Itu saran saya buat anda.

  46. shunichirou says:

    wahaha, iya neh, perang tarif sih perang, tp pada ga jujur sama konsumen…

  47. WIRA says:

    namanya iklan emang gitu kaleee..!!!
    sadar aja…, kalau kamu jadi marketting, pasti kita akan menggungulkan produk kita setinggi2nya..!! gak tau iotu bener apa nggak..!!!
    yang jelas semua ada kekurangan dan kelebihannya. jadi aku pake 3 kartu gsm yang berbeda…!!! he he he he..!!!

  48. iqbal says:

    serba salah.
    perusahaan seluler pengen untung
    konsumen pengen murah.

    solusinya, perusahaan jujur aja kalo udah di sukai pasti ga ke lain hati
    kalo konsumen, nelpon yang penting2 aja dech, kalo mo ngobrol banyak pake surat aja kali yee.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.