RSS .92| RSS 2.0| ATOM 0.3
  • Home
  • Album Foto
  • Jadwal Diklat PBJ
  • Jadwal Saya
  • Tentang Saya (1)
  • Tentang Saya (2)
  •  

    Avatar (Sebuah Resensi)

    December 20th, 2009

    Kalau mendengar kata “Avatar”, mungkin kita langsung teringat dengan salah satu komik dan kartun yang cukup populer yaitu Aang “The Last Airbender” yang menguasai 4 Elemen.

    Namun, Avatar yang dimaksud disini bukanlah Avatar Aang, melainkan sebuah tubuh buatan yang direkayasa secara Genetik untuk suku tertentu di Planet tertentu.

    Kebetulan saat libur “long weekend”, jadi saya mencoba untuk sedikit bersantai dan beristirahat. Salah satu target utamanya adalah menonton film. Film yang menjadi target utama adalah Avatar ini dan Sang Pemimpi. Karena film ini adalah film animasi, maka saya tidak tanggung-tanggung menontonnya, yaitu mengambil pemutaran film yang 3 Dimensi, agar efek animasinya lebih jelas.

    Latar belakang dari Film ini adalah pada tahun 2154. Pada waktu itu, seluruh sumber daya bumi telah habis terkuras, akibat keserakahan manusia. Untuk menemukan sumber daya alam yang baru, maka manusia melakukan eksplorasi kemana-mana, termasuk ke Planet Pandora, yang merupakan bulan dari Planet Poliphemus, satu dari tiga planet gas yang mengorbit bintang Alpha Centauri A, 4.3 Juta Tahun Cahaya dari Bumi

    Penambangan di Planet Pandora dilakukan oleh sebuah perusahaan dan untuk mengamankan pelaksaan penambangan, mereka mempekerjakan tentara bayaran yang berasal dari marinir dengan persenjataan yang amat lengkap. Salah satu mantan marinir yang dipekerjakan adalah Jake Sully, seorang marinir handal yang cacat sewaktu bertempur di bumi, Jake tidak mampu menggunakan kedua kakinya dan harus berjalan dengan bantuan kursi roda.

    Read the rest of this entry »


    WordPress 2.9 “Carmen”

    December 19th, 2009

    Hari ini, 19 Desember 2009, WordPress mengeluarkan update terbaru untuk pengguna Worspress. Versi terbaru ini adalah 2.9 dengan kode “Carmen

    Menurut Matt, ada ratusan perubahan yang dilakukan pada versi ini, namun perubahan terbesar ada pada 4 hal, yaitu:

    1. Faslitas “undo” dan “trash”. Dengan fasilitas ini maka setiap penghapusan pada posting tidak langsung hilang begitu saja, melainkan akan ditampung dahulu pada folder “trash”, sehingga suatu saat dapat dikembalikan lagi (restore).
    2. Pengelola gambar terintegrasi. Penyisipan gambar pada postingan tidak hanya sekedar salin dan tempel lagi, namun pengguna dapat melakukan “cropping”, melakukan rotasi pada gambar, dan berbagai pengaturan lainnya. Hal ini akan mempermudah pengelolaan gambar pada blog.
    3. Pembaruan plugin secara massal dan pengecekan kompatibilitas. Dengan fasilitas ini, maka pembaruan plugin yang sebelumnya dilakukan satu persatu dapat dilakukan secara serentak. Juga dilakukan pengecekan terhadap kompatibilitas terhadap versi wordpress yang digunakan.
    4. Penyisipan video yang lebih mudah. Tanpa harus mengetahui kode-kode “embed” maka penyisipan video dapat dilakukan hanya dengan menuliskan tautan ke video langsung pada postingan, dan secara otomatis wordpress akan melakukan “embedding” terhadap video tersebut. Sistem ini dapat dilakukan untuk link yang berada di YouTube, Daily Motion, Blip.tv, Flickr, Hulu, Viddler, Qik, Revision3, Scribd, Google Video, Photobucket, PollDaddy, and WordPress.tv

    Read the rest of this entry »


    Pengadaan barang dan jasa di Pemerintahan (Bagian III: Prosedur)

    December 12th, 2009

    Pada tulisan di bagian I telah dibahas mengenai pengertian umum pengadaan barang/jasa juga mengenai persyaratan penyedia barang/jasa. Pada bagian II, dibahas mengenai jenis dan metode pengadaan barang/jasa termasuk tata cara evaluasi yang digunakan pada saat pengadaan baran/jasa.

    Tulisan kali ini akan membahas mengenai prosedur dan tahapan yang dilaksanakan untuk melaksanakan pengadaan barang/jasa secara umum.

    Saya akan mencoba untuk membahas setiap langkah sesuai dengan aturan yang ada dan hal-hal yang harus diperhatikan, baik oleh penyedia barang/jasa maupun oleh panitia.

    Read the rest of this entry »