Tonton Videonya, Pelajari Matriksnya, Baca Bukunya

Sebagai praktisi pengadaan barang/jasa pemerintah, buku peraturan pengadaan barang/jasa merupakan salah satu senjata utama yang wajib dimiliki. Dengan berubahnya peraturan mengikuti perkembangan jaman dan kebijakan, maka buku yang tersedia juga harus mengikuti perubahan tersebut.

Salah satu perubahan besar pada aturan pengadaan adalah munculnya perubahan kedua Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Total ada 70 perubahan yang terjadi dalam Perpres Nomor 70 Tahun 2012.

Setelah mencoba mencari Buku Perpres 70 Tahun 2012, sebagian besar hanya memuat Perpres 70 Tahun 2012 itu sendiri tanpa menyandingkan dengan Perpres 54 Tahun 2010. Hal ini mengakibatkan banyak pasal yang tidak termuat dalam buku tersebut. Salah satu contohnya adalah dari Pasal 1 langsung melompat ke Pasal 7. Hal ini karena Pasal 2 hingga 6 tidak mengalami perubahan.

Hal ini tentu saja merepotkan apabila hendak membuka buku tersebut, karena harus membuka 2 buku sekaligus, yaitu buku Perpres 54 Tahun 2010 dan Perpres 70 Tahun 2012.

Selain itu, sebagai seorang instruktur PBJ, saya sering kesulitan dalam membaca dan menjelaskan maksud sebuah pasal, karena penjelasan pasal itu selalu ditempatkan pada bagian kedua atau akhir dari buku, sehingga untuk menjelaskan pengertian efektif misalnya, harus bolak balik antara Pasal 5 dan penjelasan pasal 5.

Berkaca dari hal tersebut dan terinspirasi dengan Buku Konsolidasi Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 80 Tahun 2003 dan perubahanya yang merupakan salah satu hasil tindak lanjut dari kerjasama bilateral Pemerintah RI c.q. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dengan Pemerintah Australia c.q. AusAID dalam rangka implementasi program bantuan teknis bilateral penguatan pengadaan publik di Indonesia atau ISP3 (Indonesia: Strengthening Public Procurement Program), maka buku Konsolidasi ini saya susun.

Beberapa perbedaan antara buku ini dengan buku sejenis yang berada di pasar adalah:

  1. Buku Konsolidasi ini memuat seluruh pasal-pasal yang bersumber dari Perpres 54 Tahun 2010, Perpres 35 Tahun 2011 (Perubahan Pertama) dan Perpres 70 Tahun 2012 (Perubahan Kedua). Setiap perubahan akan dituliskan dalam font italic sehingga akan memudahkan pembaca membedakan antara pasal yang berubah dengan pasal yang tidak berubah.
  2. Seluruh history perubahan dituliskan dalam bentuk catatan kaki, sehingga pembaca tidak akan kehilangan informasi mengenai pasal sebelum perubahan. Hal ini agar filosofi perubahan dan perbedaan antara sebelum dan sesudah berubah tetap dapat diketahui.
  3. Penulisan pasal langsung digabungkan dengan penjelasan secara bersisian. Hal ini akan memudahkan pembaca untuk memahami maksud dari setiap pasal tanpa harus mengubah pola baca normal Indonesia dari kiri ke kanan menjadi atas dan bawah atau bahkan mencari-cari pada halaman khusus penjelasan.
  4. Buku dilengkapi dengan matriks perbedaan antara Keppres 80 Tahun 2003, Perpres 54 Tahun 2010 dan Perpres 70 Tahun 2012, sehingga alur perubahan dapat lebih dipahami sejak tahun 2003.
  5. Sebagai pelengkap, maka Buku ini juga dilengkapi dengan Bonus DVD yang berisi:
    • Softcopy Perpres 54 Tahun 2010, Perpres 35 Tahun 2011, dan Perpres 70 Tahun 2012;
    • Kumpulan Peraturan Kepala LKPP (Perka LKPP) yang berkaitan dengan pengadaan barang/jasa;
    • Kumpulan Aturan Hukum yang terkait dengan dunia pengadaan, termasuk Undang-Undang (UU), Peraturan Pemerintah (PP), Peraturan Presiden (Perpres) dan berbagai bentuk peraturan perundang-undangan lainnya;
    • Standard Bidding Document (SBD), yang dikeluarkan oleh LKPP maupun Kementerian Pekerjaan Umum (PU);
    • Video Sosialisasi Perpres 70 Tahun 2012; dan
    • Softcopy Buku Konsolidasi ini untuk memudahkan pembaca mencari pasal-pasal yang dibutuhkan secara elektronik.

Nilai Investasi untuk Buku ini adalah Rp. 75.000,00

(Belum termasuk ongkos kirim dan hanya berlaku melalui pemesanan via kontak di blog ini. Harga di toko buku dan lokasi lain akan bervariasi)

Untuk informasi dan pemesanan, silakan menghubungi:
Andre – HP: 081317950609 – email: andre@madlich.com – PIN BB: 230F3EDE

atau

Husin Ansari – HP: 08125178032 – email: husinansari_rt@pengadaan.org – PIN BB: 29C64E79

Cara Pemesanan:

  1. SMS atau BBM kepada salah satu dari kontak di atas dengan format: Nama(spasi)Jumlah Buku(spasi)alamat penerima(spasi)kode pos(spasi)nomor HP/Telepon(spasi)email
    Contoh: Khalid 1 Jl. Maju Mundur No. 50 Jakarta Selatan 12230 0211234567 khalid@khalid.com
  2. Tunggu konfirmasi dari kontak untuk memperoleh total harga + ongkos kirim
  3. Lakukan transfer ke Bank Mandiri KCP. Jkt Pondok Indah Mal 2, No. Rekening 101-00-0673544-1 a/n Khalid Mustafa.
    Usahakan menambah angka unik pada 2 digit terakhir saat pembayaran guna mempermudah dan mempercepat aktivasi pemesanan.
    Contoh: Jumlah yang harus dibayar Rp. 85.000 maka Jumlah pembayaran sebesar Rp. 85.015
  4. Setelah melakukan transfer, lakukan konfirmasi kembali kepada nomor kontak di atas dengan format: Nama(spasi)Tanggal Pembayaran(spasi)Jumlah Pembayaran
    Contoh: Khalid 19/11/12 Rp. 85.015
  5. Apabila buku telah dikirimkan, maka nomor bukti pengiriman akan segera dikirimkan melalui nomor yang digunakan untuk konfirmasi pembayaran.

Pada bulan Januari 2013, buku ini juga dapat diperoleh di seluruh toko buku Gramedia di Indonesia.

Semoga bermanfaat

This entry was posted in Pengadaan Barang/Jasa and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Tonton Videonya, Pelajari Matriksnya, Baca Bukunya

  1. Benny says:

    Wah…saking bnyak yang pesan…sekalinya saya pesan masih nunggu cetak…hehe. Sukses buat penyusunnya…dan buku ini sangat bermanfaat

  2. agustono says:

    Pa Khalid, Pek Cleaning Service Januari kan… sudah bekerja/berjalan, kapan pelaksanaan lelangnya? DIPA turun 5 Desember 2012, gima solusinya pa….

  3. Rahmad Agung Wibowo says:

    Pak, kantor saya berencana membeli 60 buah buku untuk kepentingan penyelenggaraan diklat. Apa bisa kami mendapatkan potongan harga? Dan lokasi kantor bapak dimana, supaya kami bisa mengambil barangnya langsung kesana…

  4. Ario Sanjaya says:

    Buku yg sangat bagus sekali. Gramedia di Surabaya jg sudah ada, saya beli disana. Sukses utk Pak Khalid.

  5. SIGIT says:

    MOHON DI INFOKN KIAT2 SECARA SINGKAT PADA BAB YANG ADA SUPAYA MENANG TENDER EFEKTIF

  6. Zaky says:

    Assalam.. Mau nanya nih pak,, kalau pptknya belum lulus sertifikasi tp di angkat jadi ppk,, boleh gak tuh pak???

  7. Jawabannya tidak boleh. Pengangkatan tersebut tidak sah

  8. pabung says:

    Assalamualaikum, Minal Aidil walfaizin,
    pak khalid mohon pencerahan pak… masalahnya ada pada kegiatan pencetakan naskah soal…pada saat dilakukan pelelangan jumlah naskah keseluruhan sebanyak 100 ribu set, namun dalam pelaksananaan ada perobahan data dari 100 ribu menjadi 150 ribu set, maka dengan otomatis nilai kontraknya juga harus berubah. yang perlu kami tanyakan adalah apakah boleh KPA merobah jenis kontrak? dari awalnya kontrak Lumpsum menjadi kontrak harga satuan? karena kesalah ada dipihak KPA pada saat membuat data peserta ujian sebagaimana saya sebut diatas, atas pencerahan saya haturkan terima kasih\

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.