Hati-Hati Membeli Tiket Garuda di Traveloka bagi Anggota GarudaMiles

Pengguna GarudaMiles pasti kenal dengan namanya Award Mileage atau Tier Mileage
Untuk mempertahankan atau meningkatkan tingkat keanggotaan GarudaMiles, membutuhkan award atau tier dengan nilai tertentu.
Contohnya untuk menaikkan jenjang dari Blue ke Silver maka harus minimal 10 kali terbang dalam setahun.
Namun, tidak semua penerbangan dapat dihitung sebagai syarat untuk menaikkan atau mempertahankan keanggotaan, contohnya kelas penerbangan E, U, R, X, O, Z, L tidak akan dihitung oleh Garuda. (Sumber: https://garudamiles.com/TopHome-id-ID/perolehan-miles/kalkulator-mileage/ )

Sayangnya, apabila anda terbang dengan memesan tiket melalui Traveloka, kelas-kelas ini tidak diinformasikan sejak awal. Baru terlihat setelah E-Tiket diterbitkan dan biasanya tidak diindahkan sehingga baru sadar setelah terbang dan pada laporan Mileage tidak masuk sebagai penghitung kewajiban mempertahankan keanggotaan.

Saya mengalami sendiri dengan 4 kali penerbangan di tahun 2017 yang tidak dihitung oleh Garuda Indonesia.

Setelah malam ini saya konfirmasi ke Traveloka melalui fasilitas chat, maka mereka mengakui hal tersebut.

Kesimpulannya, hati-hati memesan tiket Garuda Indonesia di Traveloka apabila anda adalah pemegang GarudaMiles yang ingin mempertahankan tingkat keanggotan atau hendak menaikkan level keangotaan GarudaMiles anda.

This entry was posted in Curhat, resensi, Umum and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

13 Responses to Hati-Hati Membeli Tiket Garuda di Traveloka bagi Anggota GarudaMiles

  1. Ary says:

    Selamat siang, berat juga mau komen tentang hal ini, tapi sepertinya perlu disampaikan sedikit.

    Saya pernah menanyakan hal serupa saat gabung menjadi agen tiket di Ti*et.com , dan sebelumnya saya juga sudah gabung di agen tiket lain dari kota jogja.

    Setelah saya gabung dengan 2 agent ini, ternyata ada beberapa perbedaan Bapak. Di sistem Ti*et.com mereka hanya menampilkan ketersediaan kursi pesawat dengan harga terendah dan kita tidak tahu itu kursi kelas apa. Beda dengan agen saya yg dari Jogja, sistem mereka bisa menampilkan harga terendah sampai harga termahal (Y Class). Misalnya saya butuh tiket fleksibel karena yg naik pejabat, saya tidak akan beli via ti*et.com karena pasti yg muncul pertama adalah kelas terendah, saya belinya via agen dari Jogja.

    Nah, menurut saya Ti*et.com dan Traveloka ini sama, mereka mengejar pasar tiket murah. Karena konsumen umumnya tidak akan membeli tiket kelas tinggi, dan sepengetahuan saya kelas Garuda dimulai dari
    H S V (eko promo, semakin kanan agak mahal)
    T Q N K M B Y (eko fleksibel, semakin kanan semakin mahal dan makin fleksibel)
    I D C J (bisnis, semakin kanan makin mahal)

    Nah, untuk kelas yg Bapak sebutkan di atas, saya baru liat atau bisa jadi kelas dibawah kelas eko promo yg tdak muncul di sistem saya. Atau bisa juga beda sistem. Wallahualam Bisshowab

    Jadi saran saya, sebaiknya Bapak membeli ke travel agent dan minimal untuk kelas yg bisa msuk untuk GFF nya.

    Ini hanya share Bapak, semoga berkenan dan mohon maaf apabila kurang berkenan.

  2. Ary says:

    Menambahkan sedikit lagi pak,

    Saya sudah coba memasukkan kode class yg saya tulis di atas,
    untuk kelas Eko Promo (H S V) tidak masuk perhitungan, sebaiknya jika ingin mendapat miles dari penerbangan Bapak hindari kode ini.

    Untuk kelas Eko Fleksibel, saya sudah coba memasukkan kode T (kelas terendah eko fleksibel masih dapat perhitungan miles nya). Nah, minimal Bapak membeli kelas ini kalau mau di hitung garuda milesnya.

    Namun, sekali lagi saran saya biar Bapak aman dan tau kelas seatnya, sebaiknya membeli via agent terdekat dan pastikan sistemnya bisa memilih kelas kursinya. Karena kalau Bapak membeli di Travel*ka atau Ti*et belum bisa jadi yg muncul adalah kelas eko promo. Namun, bisa juga yg muncul sudah kelas yg eko fleksibel.

    Tips jika ingin beli via travel*ka atau Ti*et, beli saja mepet2 pak. Bisa jadi yg muncul bukan kelas eko promo lagi, tapi sudah diatasnya. *tips ini tidak selalu berhasil

    Semoga mencerahkan,

  3. PREDIKSI NOMOR JITU says:

    =RAHASIA MENHASILKAN UANG BERLIMPAH= ====RATUSAN RIBUH HINGGA JUTAAN RUPIAH BAHKAN SAMPAI RATUSAN JUTA=== ====TIAP HARI DENGAN BANTUAN NYAI-RONGGENG HU 085-220-880-369===== JIKA ANDA SUDAH CAPE DAN LELAH DENGAN STATUS P7-PERGI PAGI PULANG PETANG PENGHASILAN CUMA PAS-PASAN DAN TIDAK TAU HARUS BAGAIMANA LAGI UNTUK MENINGKATKAN KONDISI FINANSIAL KEUANGAN ANDA…MAKA SAYA MINTA SEGERA HUB NYAI-RONGGENG DI 085-220-880-369 ATAU KLIK http://pesugihanuanggaibsakti.blogspot.co.id/ BELIAU PASTI MEMBANTU ANDA SAMPAI ANDA SUKSES,SPERTI SAYA.KEHIDUPAN SAYA YANG DULUNYA SUSAH SEKARANG SUDAH SERBA BERKECUKUPAN BERKAT BANTUAN DARI NYAI RONGGENG.ANDA PASTI SUKSES JIKA UDAH DI BANTU AMA NYAI RONGGENG SEGERA SAJA HUB BELIAU JIKA ANDA UDAH CAPE HIDUP SUSAH. DAN DI SINI PULA ANDA BISA MENGHASILKAN DANA CEPAT DENGAN CARA YANG LAIN ATAU DENGAN KATA LAIN PESUGIHN TUYUL UANG GAIB ANKA GAIB DAN PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBAL

  4. Antoni Siregar says:

    Selamat malam Bapak, mohon bantuan konsultasi : di unit kerja kami ada kegiatan sewa gedung untuk kantor (bukan sewa lanjutan) senilai > 1 M, apakah prosesnya dapat melalui mekanisme Penunjukan Langsung, dengan pertimbangan aspek kebutuhan ruang dan lokasi gedung yang akan disewa ? Demikian mohon pencerahan Bapak, terima kasih atas perkenan bantuannya.

  5. wew jadi ngeri order tiket via online, mending langsung aja ke loketnya lebih aman

  6. rere says:

    Setahu saya memang ada beberapa kelas promo yang tidak dihitung sebagai frequent Flight ..tapi 1-2 tahun lalu hampir semua kelas dihitung kecuali Victor dan free flight ….. ntah kalo tahun 2017

  7. Pantesan saya dr silver ke blue butuh 29kali penerbangan

  8. Hamzah says:

    Frequent flight tetap dihitung hanya saja memang tidak mendapatkan mileages point

  9. hmm musti hati hati ya

  10. Lidya says:

    Bagaimana bergabung mnjadi anggota tiketcom ataupun travel agent nya. Mohon berkenan bantuannya

  11. Abu says:

    Saya sudah lama sekali tidak jadi member miles garuda, kalau tidak salah saya jadi anggota diawal th 2000-an dimana pembelian tiket belum ada yang online.
    saya baru sadar bahwa saya adalah pelanggan setia Garuda, kemanapun “wajib” naik garuda atau minimal citylink. bukan apa-apa sih, dulu istri memang pernah trauma naik Mandala. setelah itu kalau gak garuda gak mau pergi he..he
    Nah 2019 ini saya baru daftar lagi jadi member miles garuda.
    seperti yang mas uraikan diatas saya gak paham sama sekali, saya biasanya beli di ti*et.com atau Nu*atrip.tapi belakangan dapat harga yng lebih murah dari keduanya
    yaitu di A*ry. disini kadang kalau pas rejeki bisa dapat harga murah banget, waktu itu jam 04 pagi coba-coba cari tiket..eh harganya ada yang terjun bebas.tapi begitu siang udah kembali lagi.Nah kalau di ti*et.com yang saya alami disc untuk anak anak lebih besar dari yang lain tetapi untuk per seat harganya sama yang lain.
    kembali ke member miles, saya enggak tau tiket tiket yang saya beli itu dihitung apa enggak, harapannya sih iya, karena beli lewat garuda online enggak bisa bisa.
    terus kalau beli tiket bolak-balik/PP dihitung enggak ya ? khan berangkatnya belum dilakukan

  12. Gff member says:

    Untuk aturan silahkan bapal buka saja web garuda miles

  13. Hasyim says:

    Dear

    Bagaimana input gff number pada pembelian tiket semisal di shoope

    Best

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.