RSS .92| RSS 2.0| ATOM 0.3
  • Home
  • Album Foto
  • Jadwal Diklat PBJ
  • Jadwal Saya
  • Tentang Saya (1)
  • Tentang Saya (2)
  •  

    Pengadaan Buku Kurikulum 2013

    May 23rd, 2014

    Salah satu pengadaan terbesar pada tahun 2014 ini adalah pengadaan Buku Kurikulum 2013 yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Total keseluruhan nilai paket pengadaannya sebesar Rp. 3.000.000.000.000,00 (Tiga Triliun Rupiah).

    Sepertinya baru kali ini Kemdikbud melaksanakan pengadaan buku dengan nilai sefantastis ini. Juga dapat dibayangkan permasalahan yang akan terjadi apabila proses pengadaannya masih dengan cara konvensional.

    Oleh sebab itu pengadaan dilaksanakan menggunakan cara yang sama sekali berbeda dibandingkan dengan pengadaan sejenisnya, yaitu dengan pelelangan itemized kepada seluruh percetakan di Indonesia yang menghasilkan puluhan pemenang lelang dan bukan hanya dimonopoli oleh 1 pemenang saja. Selanjutnya pemenang ini melakukan kontrak payung dengan LKPP dan dimasukkan dalam e-catalogue. Proses pembelian selanjutnya menggunakan metode e-purchasing oleh pengguna, dalam hal ini adalah Sekolah dan Dinas Pendidikan Kab/Kota.

    e-catalogue

    Read the rest of this entry »


    Temu Nasional: Strategi Mencegah dan Menghindari Tipikor pada Pekerjaan Konstruksi

    May 12th, 2014

    Brosur Temu Nasional

    Bertepatan dengan dikeluarkannya Permen PU 14/2013, maka temu nasional ini dapat menjadi saat yang tepat untuk berdiskusi langsung dengan pembuat kebijakannya, termasuk mengenai sinkronisasi dengan aturan pengadaan barang/jasa pemerintah.

    Info detail dan permintaan undangan, silakan menghubungi Andre di nomor HP: 081317950609, Pin BB 286FA4AD, dan/atau email promo.pengadaan@gmail.com

    Sampai bertemu pada acara ini 🙂

     


    Akhirnya, Surat Edaran OJK dicabut…

    May 5th, 2014

    Berita gembira akhirnya muncul pada hari ini. Salah satu penyebab hebohnya dunia pengadaan barang/jasa selama beberapa bulan ini yaitu hadirnya Surat Edaran (SE) Otoritas Jasa Keuangan yang mewajibkan dihilangkannya klausul KKN dan Pemalsuan Dokumen pada Jaminan yang dikeluarkan oleh Penerbit Asuransi akhirnya dihapuskan.

    Saya sampai membuat 2 tulisan mengenai hal ini, yaitu Korban Surat Edaran OJK (mulai) Berjatuhan dan Selamat Tinggal Jaminan Penawaran dari Asuransi.

    Perdebatan seru juga terjadi di Facebook, Blog, dan berbagai media lainnya mengenai hal ini dan sudah memakan banyak korban dalam bentuk gagal lelang dimana-mana dan sanggahan yang meluncur kesana kemari.

    Akhirnya OJK “sadar” dan mengeluarkan Surat Edaran Nomor S-127/NB.2/2014 tanggal 28 April 2014 tentang Pencantuman Klausula Tidak Menjamin Kerugian yang Disebabkan oleh Praktek Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme dalam Surat Jaminan/Suretyship.

    SE OJK

    Semoga kehebohan seperti ini tidak terjadi lagi di masa akan datang dan semoga pengambil kebijakan berkoordinasi dulu sebelum mengeluarkan aturan yang akan mempengaruhi pelaku di lapangan

     


    Peraturan Menteri Pekerjaan Umum (Permen PU) Nomor 14/PRT/M/2013

    May 5th, 2014

    Salah satu peraturan yang paling ditunggu-tunggu di Indonesia adalah peraturan Menteri Pekerjaan Umum (Permen PU). Hal ini karena banyak pengadaan barang/jasa pemerintah dalam bidang jasa konstruksi yang pelaksanaan pengadaannya tetap harus berpedoman pada aturan Pekerjaan Umum sesuai amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi.

    Pada bulan Desember tahun 2013, rupanya Kementerian Pekerjaan Umum telah mengeluarkan Peraturan Menteri PU (Permen PU) Nomor 14/PRT/M/2013 yang merupakan perubahan atas Permen PU Nomor 7/PRT/M/2011 tentang Standar dan Pedoman Pengadaan Pekerjaan Konstruksi dan Jasa Konsultansi.

    Banyak perubahan cukup mendasar dari Permen PU ini, diantaranya adalah:

    Read the rest of this entry »


    Slide Sosialisasi Permen PU Nomor 14/PRT/M/2013

    May 3rd, 2014