Panduan Pembelajaran dan Ujian PJJ PBJ

Setelah sebelumnya kita sudah membahas dan mempelajari cara mendaftar pada versi beta Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJ), maka pada tulisan ini kita akan membahas cara untuk mulai mempelajari materi-materi yang ada di dalam web tersebut serta cara untuk mengikuti ujian secara online.

Tahap pertama adalah membuka laman PJJ PBJ melalui tautan http://pelatihan.pengadaan.org, kemudian login menggunakan user dan password yang sudah dibuat dan dibahas sebelumnya pada kolom sebelah kanan.

Tampilan Awal PJJ PBJ

Apabila sukses, maka anda akan masuk ke tampilan pemilihan kursus. Saat ini PJJ masih berisi 1 materi yaitu pelatihan pengadaan barang/jasa tingkat dasar.

Klik pada tautan Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa Tingkat Dasar untuk masuk pada tampilan materi.

Tampilan pemilihan materi

Selanjutnya anda akan melihat tampilan materi

Tampilan Awal Materi PBJ

Karena materi yang dibahas adalah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010, maka pada bagian ini diharapkan peserta PJJ untuk mengunduh dan mempelajari Perpres Nomor 54 Tahun 2010 yang terdiri atas Batang Tubuh, Penjelasan dan 7 Lampirannya.

Materi ini juga sudah dilengkapi dengan Perpres Nomor 35 Tahun 2011 yang merupakan perubahan pertama atas Perpres Nomor 54 Tahun 2010.

Memulai Pembelajaran

PJJ PBJ tingkat dasar terdiri atas 10 Modul, yaitu:

  1. Pengantar Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
  2. Persiapan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Bagian 1
  3. Persiapan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Bagian 2
  4. Pelaksanaan Pengadaan Barang
  5. Pelaksanaan Pengadaan Pekerjaan Konstruksi
  6. Pelaksanaan Pengadaan Jasa Lainnya
  7. Pelaksanaan Pengadaan Jasa Konsultansi
  8. Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa dengan Swakelola
  9. Pengadaan Barang/Jasa dengan Pendayagunaan Produksi Dalam Negeri & Usaha Kecil dan Dana Pinjaman/Hibah Luar Negeri
  10. Penggunaan e-Procurement

Modul PJJ PBJ ini juga disusun berdasarkan 10 Modul tersebut dan dilaksanakan secara bertahap.

Pada tahap ini, karena masih versi Beta, saya baru menyelesaikan Modul 1 yaitu Pengantar Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Materi Modul 1

Materi modul 1 terdiri atas 4 bagian, yaitu Modul dalam bentuk file PDF, Presentasi dalam bentuk video, penugasan dan studi kasus dalam bentuk unggah dokumen dan yang terakhir adalah ujian.

Untuk mengunduh materi dalam bentuk PDF, cukup dengan mengklik pada tautan Modul 1 – Pengantar Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Modul 1 – Pengantar Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Untuk membantu peserta PJJ, saya juga sudah menyiapkan 9 rekaman video presentasi Modul 1 yang dimuat pada youtube dan dapat diakses juga pada web ini.

Cukup klik pada tautan video presentasi modul 1 bagian 1 hingga 9, maka akan muncul jendela baru yang memuat video tersebut.

Video Presentasi Modul 1

Penugasan dan Ujian

Sesuai dengan kaidah pembelajaran, materi harus dibarengi juga dengan penugasan dan ujian. Oleh sebab itu modul ini juga dilengkapi dengan tugas, studi kasus dan ujian.

Penugasan dan studi kasus saya buat dalam bentuk unggah file. Jadi siswa mengerjakan semua tugas dan studi kasus menggunakan aplikasi pengolah kata yang dimiliki dan kemudian memasukkan dalam sistem. Nanti pengajar akan memberikan nilai serta umpan balik (feedback) atas setiap tugas/studi kasus yang sudah dikerjakan.

Tampilan Tugas

Mengunggah tugas dan studi kasus cukup mudah dilakukan. Peserta cukup membaca soal yang sudah ada pada web ini kemudian mengerjakannya menggunakan aplikasi wordprocessing masing-masing. Jawaban boleh dalam bentuk file .doc, .docx, .txt, atau dikompres dalam bentuk .pdf dan .zip.

Setelah selesai, cukup klik pada tombol choose file – pilih file yang akan diunggah – open – dan klik tombol upload file ini.

Yang harus diperhatikan adalah, ukuran file yang dikirim tidak boleh melebihi 1 Mb agar dapat tetap diproses oleh aplikasi.

Setelah mengerjakan tugas dan studi kasus, tahap berikutnya adalah mengukur kemampuan dan pemahaman terhadap modul ini melalui ujian.

Ujian pada PJJ PBJ ini saya susuh berdasarkan pengalaman mengikuti ujian sertifikasi Internasional dalam bidang Supply Chain Management (SCM – ITC) yang juga menggunakan aplikasi Moodle dan dilaksanakan secara PJJ.

Soal terdiri atas beberapa jenis, yaitu benar-salah (true-false), pilihan ganda satu jawaban (multiple choice single answer), pilihan ganda beberapa jawaban (multiple choice multiple answer), dan menjodohkan.

Tidak semua jenis soal akan keluar dan saya sudah mengatur soal dan jawabannya selalu diacak (shuffle) dalam setiap kesempatan.

Penjelasan Ujian Modul

Setiap peserta memiliki kesempatan untuk mengerjakan 3 kali ujian namun nilai yang akan direkam oleh sistem adalah nilai yang terakhir.

Untuk menyamakan dengan standard internasional, maka setiap ujian juga dibatasi oleh waktu menjawab, yaitu 30 menit. Apabila tidak diselesaikan dalam waktu 30 menit, maka dianggap telah menyelesaikan ujian dan tidak memperoleh nilai.

Apabila sudah siap, maka klik tombol Mencoba Kuis Sekarang.

Bersiap mengikuti ujian

Soal akan ditampilkan seperti gambar dibawah ini

Bentuk Ujian

Beberapa navigasi yang harus diperhatikan adalah:

  • Setiap soal akan ditampilkan per-halaman, sehingga untuk lanjut ke soal berikutnya dapat mengklik pada nomor halaman yang dituju atau klik selanjutnya
  • Jawaban dilakukan dengan mengklik pada jawaban yang dipilih. Apabila tipe soal berupa benar-salah, maka hanya ada 2 pilihan jawaban. Apabila tipe soal berupa pilihan ganda satu jawaban, maka hanya boleh memilih satu jawaban dari pilihan yang ada. Apabila tipe soal berupa pilihan ganda multi jawaban, maka setiap jawaban bisa diberi tanda.
  • Apabila selesai menjawab semua soal, maka klik tombol submit all and finish
  • Jangan sekali-sekali mengklik tombol save without submitting, karena akan menyimpan jawaban tanpa mengirim hasilnya kepada server.

Setelah menjawab semua soal dan mengklik tombol submit all and finish, maka nilai yang diperoleh serta jawaban yang benar dan salah akan ditampilkan oleh sistem, sehingga dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran ke depan.

Tampilan Hasil Ujian

Pembahasan Hasil Ujian

Untuk kembali ke halaman materi, maka klik kode materi pada kiri atas, yaitu CF101.

Nilai yang diperoleh pada aplikasi ini dapat dilihat pada tautan nilai disebelah kiri tampilan materi

Nilai Yang Diperoleh

Nah, inilah aplikasi PJJ PBJ versi beta yang sedang saya kembangkan. Semoga masih tetap diberi kesempatan dan kesehatan untuk menyelesaikan seluruh modul yang ada.

Mohon saran, masukan dan dukungan agar tetap terlaksana.

Selamat belajar 🙂

This entry was posted in Pengadaan Barang/Jasa and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Panduan Pembelajaran dan Ujian PJJ PBJ

  1. mustakim says:

    bagian APBJP setda kab. sumbawa barat ntb ingin minta materi ujian sertifikasi sesuai dgn perpres n0 16 tahun 2018

  2. mustakim says:

    minta materi ujian sertifikasi sesuai dgn perpres no 16 tahun 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.