RSS .92| RSS 2.0| ATOM 0.3
  • Home
  • Album Foto
  • Jadwal Diklat PBJ
  • Jadwal Saya
  • Tentang Saya (1)
  • Tentang Saya (2)
  •  

    Standard Bidding Document (Dokumen Standar Pengadaan) Menurut PermenPU 7/2011

    March 28th, 2012

    Setelah LKPP mengeluarkan Standard Bidding Document (SBD) yang didasarkan pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010, pada tanggal 31 Mei 2011 Kementerian Pekerjaan Umum juga mengeluarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum (PermenPU) Nomor 7 Tahun 2011 tentang Standar dan Pedoman Pengadaan Pekerjaan Konstruksi dan Jasa Konsultansi.

    Pada awalnya, dokumen PermenPU ini hanya tersedia dalam bentuk hardcopy dan dijual hanya di Kementerian PU dengan harga yang cukup mahal. Saya sendiri membeli dengan harga 500 ribu rupiah. Namun, setelah beberapa lama, versi softcopy sudah tersedia dalam website PU serta sudah dapat diunduh.

    PermenPU ini berisi SBD khusus untuk pekerjaan konstruksi dan jasa konsultansi konstruksi dengan tetap berpedoman pada SBD yang telah dikeluarkan oleh LKPP, sehingga dapat disimpulkan bahwa SBD ini merupakan SBD yang lebih lengkap dibandingkan SBD LKPP untuk pekerjaan konstruksi. SBD ini juga dilengkapi dengan pedoman evaluasi dokumen penawaran sehingga akan mempermudah ULP untuk melaksanakan evaluasi terhadap dokumen penawaran penyedia. Selain itu, juga terdapat contoh berita acara yang dibutuhkan dalam proses pelelangan.

    Dari sisi penyedia juga akan dimudahkan karena akan memahami hal-hal apa saja yang dievaluasi dalam sebuah proses pelelangan.

    Satu yang mengganjal adalah, format yang ada pada web Pekerjaan Umum masih berbentuk PDF sehingga mempersulit ULP/Panitia untuk menyusun dokumen karena harus mengubah terlebih dahulu ke dalam format word.

    Untuk mempermudah ULP/Panitia Pengadaan, silakan mengunduh SBD menurut PermenPU Nomor 7 Tahun 2011 dalam bentuk Word berikut ini:

    Read the rest of this entry »


    Obat anti buang air besar untuk Kucing?

    March 28th, 2012

    Pagi ini bersantai menikmati matahari pagi di teras rumah Makassar, saya melihat ada beberapa botol air mineral dan botol kaca berisi air yang tersebar di halaman rumah.

    Karena heran, saya bertanya kepada Ibu saya yang sedang menjemur pakaian, “Kok ada botol air di halaman rumah bu?”

    “Untuk obat…” jawab ibu saya sambil tetap bolak balik memasang jemuran.

    “Obat?”

    Saya tambah heran, karena botol itu tidak berisi yang aneh-aneh, malah air di dalamnya masih jernih dan tidak berwarna. Sepertinya tidak berisi betadine atau rivanol atau obat apapun.

    “Obat apaan?” tanya saya

    “Obat untuk kucing…”

    Lha…obat kucing? Saya malah tambah bingung sambil melihat kucing sebelah rumah yang asik bercengkrama dan terlihat gemuk dan sehat. Apa kira-kira mereka sehat karena botol ini yah?

    “Maksudnya apa?” tanya saya lagi

    Read the rest of this entry »