Random Post: Tulus Setiono's Birthday
  • Tentang Saya (1)
  • Tentang Saya (2)

Sehari di Sumatera Selatan

Hari Rabu, 5 November 2008, saya berkesempatan lagi (ini karena sudah yang ketiga kalinya) untuk mengunjungi Sumatera Selatan. Sekali-sekali keluar pulau Jawa lah 😀

Bangun pukul 3.00 WIB dan menuju rumah pak Gatot pukul 4.00 karena saya memang berangkat berdua dengan beliau.

Perjalanan ke Bandara ditempuh kurang dari 30 menit, karena memang suasana masih lumayan sepi. Walaupun begitu, karena berangkat dari Pondok Indah sudah mendekati 5.00 sedangkan pesawat take off pukul 6.05, maka cukup berdebar juga dan khawtir tertinggal pesawat.

Dan memang benar, hanya kurang dari semenit berada dalam antrian tiket di terminal 2 F Bandara Sukarno Hatta Jakarta, petugas tiketing sudah langsung mengumpulkan penumpang khusus ke Palembang dalam antrian tertentu karena panggilan boarding sudah akan dilakukan.

Penerbangan 1 jam tidak terlalu terasa, mungkin karena ada sarapan pagi di pesawat, yang walaupun hanya terdiri atas 2 potong kue dan 2 gelas teh hangat (lumayan lapar karena belum sarapan), sudah cukup menyita waktu. Baru saja mengumpulkan kotak makanan sudah terasa bahwa pesawat mulai menurunkan ketinggian untuk mendarat.

Pukul 7.15, sampailah di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang 😀

Target berikutnya adalah ke Kampus Universitas Sriwijaya di Indralaya, sejauh 32 Km dari Bandara, yang ditempuh dalam waktu 1 Jam. Sebenarya cukup dekat, tapi akses jalan yang agak sempit dan beberapa halangan-halangan kecil menyebabkan cukup lama juga untuk mencapai kampus itu.

Setelah tiba, langsung menuju ruang tunggu yang dipenuhi oleh Pembantu Rektor, Dekan dan Ketua Jurusan berpakaian toga lengkap. Rupanya ini adalah acara Dies Natalis Universitas Sriwijaya. Jadilah saya kembali menjadi orang paling aneh sendiri. Lha pakaian adalah Batik lengan panjang, sedangkan yang lain pada menggunakan toga lengkap, yang tidak menggunakan toga malah memakai Jas Lengkap, tapi cuek aja deh…

Selama 2 jam berikutnya adalah acara Dies Natalis, sambutan Rektor dan Orasi Ilmiah dari Menteri Pertanian yang diwakili salah seorang Dirjennya juga penandatanganan MoU antara Universitas Sriwijaya dengan SEAMEO SEAMOLEC.

Setelah acara, segera menuju ruang makan untuk istirahat dan makan siang sebelum melanjutkan ke acara berikutnya 🙂

Waktu sudah menunjukkan pukul 12.00 saat kami mulai bergerak dari Kampus Indralaya ke Kampus Bukit Besar. Universitas Sriwijaya memang memiliki 2 kampus, dimana Kampus Indralaya merupakan kampus terbaru dan terluas namun terletak cukup jauh dari kampus pertama di Palembang. Malah sudah lintas Kabupaten.

Perjalanan lagi-lagi ditempuh selama 1 jam dan karena cukup lelah, saya akhirnya tertidur dalam perjalanan ini dan baru terbangun setelah tiba di tujuan, yaitu Program Pascasarjana UNSRI.

Acara belikutnya adalah kuliah umum untuk mahasiswa Pascasarjana Teknologi Pendidikan. Kebetulan dosennya adalah Pak Gatot yang kali ini merupakan kuliah perdana beliau. Lumayan mengasikkan mengikuti paparan mengenai Teknologi dan Pendidikan (bisa kuliah gratis neh…) dan salah satu materi akan saya tulis terpisah pada blog ini.

Pemaparan dan tanya jawab yang cukup seru terjadi, sehingga waktu tidak terasa sudah mendekati pukul 16.00 sedangkan pesawat kami akan take off pukul 17.20 dan masih ada 1 lokasi lagi yang belum dikunjungi.

Setelah pamitan pada mahasiswa, maka segera menuju ke lokasi perkualiahan untuk mahasiswa D3 TKJ yang terletak di dalam kompleks kampus UNSRI.

Dilokasi ini hanya sempat ngomong 10 menit dan segera ke bandara, karena waktu sudah menunjukkan pukul 16.20, dimana masih ada perjalanan sekitar 30 menit ke Bandara.

Lagi-lagi last minute, setelah tiba di counter check-in, trus mengambil boarding pass dan tidak terlalu lama sudah ada panggilan untuk boarding.

Akhirnya terbang kembali ke Jakarta. Itulah kisah sehari di Sumatera Selatan 😀

5 responses to “Sehari di Sumatera Selatan”

1. shafwan says:

wah asik juga nih. kayaknya pak Khalid selalu keliling Indonesia ya ?.

oh ya pak, saya Wawan, cuman nama hijrah saya Shafwan. Dulu kita ketemu waktu bapak ada workshop di ITB.

2. febriyan adipatra says:

pak,saya mahasiswa d3 tkj unsri.kmaren bentar bgt pak mampirnya he,,he,,
      padahal bnyk yang mo ditanyakan, tapi g pa2 ditungguya pk kunjungan berikutnya.kmren bapak sempet kasih kartu nama bapak ke saya

3. @shafwan…gak juga kok, masih ada 5 propinsi yang belum saya datangi 🙁

@febryan, hehehe..iya sih, kemarin hanya ada waktu 10 menit, itu saja sudah berlari-lari di bandara bareng pak Gatot. Insya Allah kalau ada kesempatan bisa bertemu kembali. Salam untuk rekan-rekan anda.

4. wahid says:

pak kapan datang kemakassar, saya mau FD 8 GB sebanyak 4 keping. harganya brapa lagi pak perkeping.

5. Anom says:

Pak kalo dari bandara Sultan ke kampus yg indralaya naik angkutan apa ya?