Masih percaya manusia berasal dari Kera ?

Subuh ini, setelah istirahat sejenak, langsung nongkrong depan laptop sambil blogwalking. Asik browsing sana sini dan membaca berbagai tulisan, akhirnya “kesasar” pada artikel dari Harun Yahya mengenai Atlas Penciptaan yang secara telak menghajar teori Evolusi Darwin.

Cukup asik juga membaca halaman demi halaman dari artikel ini, sehingga hampir menghabiskan waktu 2 jam dengan juga mencari referensi lainnya.

Jadi teringat, sewaktu sekolah dulu, pada saat mempelajari mengenai sejarah bumi, saat membahas mengenai manusia purba, selalu disodorkan gambar-gambar manusia setengah kera yang tidak berpakaian, sambil memegang tombak batu dan mengejar hewan liar untuk dimakan

Terus terang, gambar tersebut masih jelas dalam ingatan dan menjadi satu-satunya referensi dalam pengetahuan saya saat ini.

Namun, setelah membaca artikel tersebut, apalagi dengan berbagai informasi dari web yang membahas khusus mengenai keruntuhan Teori Evolusi Darwin, yang menyatakan bahwa gambar-gambar fosil yang ditemukan, yang menjadi dasar bahwa manusia purba memiliki bentuk wajah dan tubuh yang mirip kera, rupanya adalah pemalsuan, maka kepercayaan terhadap informasi waktu sekolah dulu semakin hilang.

Saya bukan penganut teori Evolusi Darwin, dan memang menentang bahwa manusia berasal dari kera. Lha sekarang ini saja kera masih banyak kok. Kalau memang semua kera telah berevolusi menjadi manusia, harusnya saat ini sudah tidak ada lagi kera maupun simpanse, semua sudah berubah menjadi manusia.

Artikel-artikel ini cukup telak menghajar Teori Evolusi Darwin, dengan berdasar kepada temuan 100 Juta Fosil yang ditemukan, baik yang berasal dari awal pembentukan bumi (3 Milyar Tahun yang lalu) sampai kepada Jaman Manusia.

Dasar penolakannya cuma 1 saja, yaitu tidak ada perubahan yang signifikan antara makhluk yang hidup puluhan, ratusan bahkan milyaran tahun yang lalu dengan makhluk sejenis saat ini. Kalaupun teori evolusi itu benar, seharusnya mereka sudah berubah bentuk sejak lama.

Serangga Masa Kini dan 50 Juta tahun yang lalu

Salamander Masa Kini dan 125 Juta tahun yang lalu

Pakis Masa Kini dan 300 Juta tahun yang lalu

Dari tulisan-tulisan tersebut juga dijelaskan bahwa perbedaan kerangka manusia purba yang ditemukan serta ciri-cirinya, masih relevan dengan perbedaan ras manusia seperti yang saat ini sudah ada di dunia.

Seluruh tulisan tersebut mengerucut pada sebuah teori, yang disebut Teori Penciptaan, bahwa manusia serta seluruh makhluk bukan berasal dari materi dan berevolusi (seperti teori Darwin), melainkan diciptakan oleh Tuhan secara langsung.

Jadi, khusus pada guru-guru dan pengajar di sekolah, jangan lagi menjelaskan bahwa manusia berasal dari Kera yang dilengkapi dengan gambar-gambar evolusinya, melainkan bahwa manusia itu adalah manusia dan bukan berasal dari kera.

Jadi, masih percaya manusia berasal dari kera ?

46 Comments

  • By dheash, 8 October 2008 @ 09:22

    wah………. setuju tuh klo kita semua bukan berasal dari kera’

    btw situsnya harun yahya bagus tuh untuk pembelajaran ^^

    eh mo tanya nich pa’, klo teori relativitas enstein gimana menurut pa’ khalid?

  • By khalidmustafa, 8 October 2008 @ 10:54

    @dheash, wah…saya lom mendalami teori relativitas Einstein, tapi sepengetahuan saya lom ada teori lain yang bisa membuktikan bahwa teori tersebut salah

  • By Arman Idris, 8 October 2008 @ 20:16

    Saya juga setuju Pak Guru, sebagai muslim saya percaya kalau manusia pertama adalah Nabi Adam As, dan tetap mau percaya kalau nenek moyangku juga manusia, siapa sih yang mau dibilangin nenek moyangnya kera hehehehehe

  • By rusle, 9 October 2008 @ 08:45

    hmm…science itu kadang berguna juga utk menggelitik nalar kita, science yang empiris mengajak kita untuk berdialog dengan alam, terkadang Tuhan, dengan menelisik kitab suciNya..

    saya sih percaya kalau manusia diciptakan sempurna..
    soal bagaimana sempurna itu, tergantung lagi pada perspektif yang dipakai..

  • By vand, 9 October 2008 @ 10:02

    waduh…dulu waktu uAN SD slah jawab donk, tpi ko lulus yak hihihi…

    mesti revisi materi donk ya hehehe

  • By Fitri, 9 October 2008 @ 15:31

    *baru mampir lg niy buat baca-baca, hehe*

    Sebelonnya, Minal Aidhin Wal Fa Idzin, mohon maaf lahir batin ya :)
    Iya secara jd inget dulu waktu jaman sekolah ngebahas teori ini, ibu guru Biologi saya sempet sebel.. karena ada temen yg ngejawab bahwa dalam dalil ada pembuktian teori Darwin ini meragukan, eh si ibu bilang jangan suka mencampur adukan ajaran ilmiah dengan agama-agama.

    Wah si ibu harus baca link ini niy, hehe.

    Tq

  • By Immer, 10 October 2008 @ 19:42

    iyap, we were created by our God’s hand, jadi kita bukan berasal dari kera

    setuju!

  • By Muhammad Fadly Atjo, 13 October 2008 @ 21:39

    hahahahhahaha, saya juga nggak mau kalau nenek moyang saya dari kera, lagian di dalam Alquran kan sudah jelas siapa nenek moyang kita dan kita berasal dari mana, kera jadi manusia itu nggak ada yang ada malahan “Manusia yang jadi Kera” hahahhahahahhahahahhaha

  • By jaka, 14 October 2008 @ 17:14

    Walah Pak, mbantah teori evolusi ya ngga begitu. Mosok cuma bandingin penampilan luar saja. Saya muslim lho, tapi percaya evolusi jalan juga. Ngga ada yang bertentangan antara berislam dengan “berevolusi”, kok. Dan tidak berkeberatan sama sekali evolusi diajarkan di sekolah, karena itu adalah bentuk nalar ilmiah.

    Bapak guru kan? Coba lihat lagi di teks biologi sekolah, apa ada yg mengimplikasi manusia bermoyang kera? Saya setuju, manusia adalah manusia.

  • By missing, 16 October 2008 @ 11:29

    Dicari “the missing link” makhluk untuk membuktikan teori darwin. Apakah Anda? hehehe

  • By sufehmi, 21 October 2008 @ 23:05

    @jaka – betul. Selama ini ada kecenderungan Evolusi ATAU Penciptaan. Hitam atau putih.

    Padahal masih ada satu alternatif lagi; yaitu Evolusi DAN Penciptaan.

    Diskusi lebih lanjut : Diskusi mengenai Evolusi & Harun Yahya (warning: diskusinya sangat panjang)

    Berbagai “karya” Harun Yahya ditolak oleh kalangan akademis, karena terlalu banyak kelemahan / kekeliruannya.

    Setelah saya teliti, sepertinya ada itikad yang tidak baik. Bagi orang awam, seperti saya, sekilas memang terlihat bagus. Tapi bagi yang paham bidang ybs, ternyata banyak karya HY yang tidak bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah.
    Sepertinya kita musti lebih waspada & kritis lagi dengan karya2 ybs.
    Terimakasih.

  • By Aldrik, 20 November 2008 @ 15:50

    teori darwin juga jadi senjata ato acuan bagi penganut satanisme loh. mereka percaya manusia berasal dari hewan, makan kelakuan mereka harus seperti hewan :D

  • By hollymanofrock, 24 November 2008 @ 12:08

    sebaiknya dibaca terlebih dahulu the origin species
    nya Darwin sebelum anda berpendapat…

    - terima kasih -

  • By Darojatun, 26 December 2008 @ 21:14

    tenang pak tenang… sekarang… ini manusia semua kan?… OK. yang berasal dari kera ngumpul di kiri… ayooo pada ngumpuull.. yang ciptaan Tuhan dan nggak pernah jadi keturunan kera ngumpul di kanan..

  • By natasya azzahra, 11 January 2009 @ 15:54

    apakah pendapat yang menyatakan manusia berasal dari kera itu benar? berikan penjelasannya

  • By Farid Izzuddin, 18 January 2009 @ 11:20

    ahh w ngak percaya soalnya ngak tertulis dalam kitab suci Al-Qur’an

  • By naya, 13 February 2009 @ 08:19

    lucu jg yach klo qt brsal dr kera_
    brarti yg pcya klo qt dr kera_mbah byutnya kera donk_hwehehe

  • By Denny K, 26 March 2009 @ 13:17

    waduh… menarik nih…
    saya dari SD juga sdh mau menentang tentang teori darwin.. cuma krn bukan peneliti saya jd ga berani berkomentar…
    tp.. mari kita berfikir yang rasional… saya tidak mau mengatakan teori darwin salah, bisa jadi benar.. kalau manusia itu berasal dari kera.. krn manusia sekarang banyak yang berkelakuan seperti (bahkan melebihi) kera/hewan…
    tapi saya percaya dan meyakini bahwa manusia berasal dari manusia.. krn di kitab suci manapun mengatakan bahwa manusia pertama yang di ciptakan oleh allah adalah nabi adam yang bentuknya seperti manusia sekarang ini… beliau bisa berbicara, melakukan kegiatan & berfikir layaknya manusia.. sebagai contoh, ketika pertama kali diturunkan kebumi beliau dalam keadaan tidak mengenakan sehelai benangpun (atau bentuk lainnya) untuk penutup tubuhnya… kemudian nabi adam mencari & menggunakan kulit kayu untuk menutup auratnya… kalau di pikir, untuk apa nabi adam menutup auratnya.. toh dia sendirian di bumi (siti hawa ketika diturunkan tidak satu RT/jaraknya berjauhan dgn nabi adam.. jd dgn kata lain nabi adam masih punya rasa malu layaknya manusia skrg ini… sedangkan kera yang hidup dijaman modern ini aja walaupun sudah banyak butik, mal, maupun toko2 baju tetap saja tidak punya pikiran utk pake baju & tidak bisa pake baju sendiri…. krn kera tidak punya rasa malu & tidak bisa berfikir apa artinya menutup aurat… contoh yang paling akurat lagi.. manusia sekarang yang ada di pedalaman di indonesia saja seperti papua misalnya… mereka masih menutupi auratnya walaupun dengan cara yang sangat sederhana.. krn mereka masih punya etika dan rasa malu, serta mereka masih bisa berfikir apa artinya pelindung tubuh…
    nah.. mudah2an tulisan yang agak sedikit nagaco dan kurang dukungan ini bisa untuk kita semua yang masih berani berfikir dan meyakini bahwa manusi berasal dari hewan, bisa pikir2 lagi…

  • By Agusjj, 18 April 2009 @ 05:58

    Betul

  • By iki, 4 June 2009 @ 12:53

    yg gw tau gw dari tanah bkn dari becek(Y)(Y)(Y)(Y)(Y)(Y)(Y);(

  • By breot, 28 August 2009 @ 19:07

    menurut darwin ada benarnya bro…he he manusia jadi kera,kera jadi manusia gak perlu suseh cari makan he he tinggal petik aje tuh…banyak buah dihutan rimba,ato jadi songgokong aje bisa terbang he he

  • By wiro, 4 September 2009 @ 19:50

    klo manuasia berasal dari kera mungkin pertanyaan kritisnya begini: Kenapa sekarang masih kera tetapi juga ada manusia? Jawab: Kita tahu bahwa kera (primata) adalah binatang yang memiliki banyak sekali jenis, salah satu jenisnya adalah gorila. Dari jenis gorilapun masih terdiri beberapa jenis lagi. Salah satu dari jenis tersebut memiliki tingkat kecerdasan tinggi dan berevolusi menjadi makhluk yang bernama manusia, jenis tersebut sekarang sudah tidak ada.

    Sedangkan klo berasal dari Adam dan Hawa (cerita tersebut lebih bertujuan untuk pengajaran agama), Cerita tersebut berasal dari budaya patriarkat yang meletakkan laki-laki lebih tinggi dari wanita.

  • By hollymanofrock, 11 October 2009 @ 08:27

    @Denny K :
    Coba dibaca2 lagi al Qur’an nya deangn lebih baik, saya juga masih perlu belajar banyak dari semua, tapi coba cari ayat yg menyatakan kalau Adam adalah manusia pertama ? sejauh saya menelusuri Al-Qur’an saya tidak pernah menemukan ayat yg menyatakan kalau Adam adalah manusia pertama di muka bumi, kalau saya tidak salah (mhon dikoreksi) pendapat yg demikian diambil dari QS. 2:30 :
    Ingatlah ketika Rabb-mu berfirman kepada para Malaikat: Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. Mereka berkata: Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau? Rabb berfirman: Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.

    perhatikan bahwa ayat di atas merupakan dialog antara Allah dgn malaikat, dialog itu bertemakan menjadikan khalifah bukan manusia (kata manusia dalam Al-Qur’an = an Naas bukan khalif ). Kalau ayat ini dijadikan dasar untuk menyatakan Adam sebagai manusia pertama maka hal tersebut sangat tidak valid. kemudian kata khalifah = pemimpin, kalau artinya pemimpin maka sebagai konsekuensinya pasti ada yg dipimpin, siapa yg dipimpin ? malaikat tidak perlu dipimpin lagi krn sifatnya yg selalu patuh dan mengikuti sunatullah, begitu juga dgn hewan dan makhluk hidup lainnya, sedangkan makhluk yg diberikan kebebasan berfikir serta hawa nafsu hanyalah manusia ..??? kemudian ingat fungsi Adam sebagai nabi dan Rasul, seorang Rasul pasti menyebarkan wahyu untuk umatnya, kalau Adam sudah menjadi Rasul pada saat diajarkan mengenai nama2, maka pada saat kerasulannya apsti ada umat..?? siapa umatnya..??lagi2 saya dgn tegas menolak malaikat, hewan dan tumbuhan menjadi umat Adam, sedangkan hawa muncul setelah kisah pengajaran nama2 benda oleh Allah kepada Adam, masih banyak yg ingin saya ceritakan, tapi masih banyak juga kekurangan dalam diri saya, saran saya sekali lagi untuk membaca terlebih dahulu karya Darwin sebelum mengkritiknya, dan perlu anda ketahui saya sudah membacanya dan tidak ada satupun kalimat dalam The Origin of Species yg menyatakan kalau manusia berasal dari kera !!!! saya tidak membela Darwin, krn dalam teorinya juga Darwin berbesar hati mengatakan kalau teorinya masih belum sempurna (ingat rantai yg putus atau missing link dlm teori evolusi Darwin), saya rasa Darwin akan berbesar hati pula jika kita sanggup mengkoreksi dan menyempurnakan kekurangan teorinya secara ilmiah dan bening hati.

    thx,
    salam dialektika

  • By hollymanofrock, 11 October 2009 @ 08:35

    oh ya, satu lagi yg perlu dicermati dari dialog tersebut adalah pertanyaan malaikat kepada Allah, dalam ayat tersebut malaikat jelas telah mengetahui bahwa khalifah yg akan dijadikan oleh Allah adalah dari golongan yg sering menumpahkan darah dan berbuat kerusakan, nah ini menarik karena malaikat tidak mungkin mengetahui hal-hal yg belum terjadi dan hal-hal yg tidak diberitahukan kepadanya, lalu dari mana malaikat mengetahui hal ini? maka jawaban yg paling mungkin adalah keberadaan makhluk hidup yg sejenis dengan Adam yg tidak bukan dan tidak lain adalah manusia, krn hewan dan malaikat tidak mungkin berbuat kerusakan ….???

    thx sekali lagi,

  • By khalidmustafa, 11 October 2009 @ 08:53

    Wah, seru banget pembahasan disini :)

    Terima kasih banyak untuk semuanya. Kita sama-sama masih dalam tahap belajar, jadi terbuka untuk saling berdiskusi dan bertukar pikiran satu sama lain :)

  • By candra, 15 October 2009 @ 23:43

    hmmm… sebelumnya, teori darwin yang saya tau bukan “manusia berasal dari kera” tapi “manusia dan kera berasal dari mahluk yg sama”. kalo soal “berasal dari kera” ya jelas ga mungkin lah, jelas2 keliatan berbeda 100%, tapi kalo “berasal dari mahluk yg sama” mmg posibility nya masih ada, terlebih kalo dilihat dari sisi ilmu pengetahuan, teori dasar penciptaan dunia melalui big bang. posibility ini terlihat karena awal mula bumi terbentuk belum ada oksigan mineral2 lain yang mendukung kehidupan manusia, jadi mahluk hidup yg pertama kali muncul di bumi adalah mahluk hidup yang memiliki complexticity sell yang rendah, bahkan lebih mirip tumbuhan yang disebut prokaryotes, pada akhirnya memberikan oksigen pertama di bumi, sekian juta tahun kemudian baru lah muncul kera dan manusia serta mahluk hidup yang lain yg kita tau.

  • By Abrah, 27 November 2009 @ 16:47

    wow

  • By Abrah, 27 November 2009 @ 18:04

    Adam manusia pertama atau tidak saya gak peduli yang pasti saya gak percaya klo manusia dari kera. Menurut Dariwin, segala sesuatu itu mengalami evolusi khususnya makluk hidup. Seperti misalkan jerapah berevolusi dari rusa yang berusaha mencari caban pohon tinggi sehingga lehernya memanjang, beruang yang berburu di perairan akan berevolusi menjadi ikaan paus…
    benar-benar dongen yang cocok untuk anak2.

    Tapi kenapa fosil-fosil peralihan tidak pernah ditemukan seperti fosil hewan setengah rusa dan fosil beruang setengah ikan. Dan masih banyak hewan yang menurut darwin berevolusi tapi tidak pernah ditemukan fosil peralihannya.

    Dari dulu beruang tetap beruang, rusa tetap rusa, ikan tetap ikan dan manusia tetap manusia sesuai dengan penelitian fosil pada lapisan tanah yang tertua yaitu zaman kambrium.

    Yang slalu dibahas hanya fosil peralihan dari kera ke manusia dan ternyata fosil2 fosil itu palsu. Tak ada lagi bukti yang menguatkan teori evolusi.

    Menurut Teori Evolusi bahwa salah satu cara binatang berevolusi karena adanya sleksi alam. Seperti misalkan kucing yang diburu anjing, yang lemah akan mati dan yang kuat akan tetap hidup. Dan yang kuat itulah yang berevolusi kebentuk lain seperti misalkan macan.

    DNA yang menurut teori evolusi juga sebagai pendorong terjadinya evolusi ternyata tidak terbukti. DNA yang mengalami mutasi ternyata hanya menjadikan makhluk itu cacat. Tidak pernah ada mutasi yang menguntunkan. Tidak pernah mutasi
    menjadikan binatang yang tak bersayap menjadi bersayap, tidak pernah mutasi menjadikan binatang tak bermata berevolusi pada binatang yang bermata. Mutasi hanya membahyakan makhluk hidup.

    Untuk Ilmiahnya… baca buku Harun Yahya berjudul “Keruntuhan Tabir Evolusi” atau “Menyibak Tabir Evolusi” atau bukunya selain itu yang membahasan tentang Evolusi. dan jangan lupa nonton video-videonya.
    Dan bandingkan dg Website Rickhard Dawkins (Evolusionis masa kini) yang yang sibuk mencari bukti evolusi tapi gak ketemu2. Tapi ada disitu dihalaman beranda Websitex yang menampilkan fosil seokor burung yang ditemukan dikawasan cina untuk memperkuat teorix. Penemuan itu dibesar-besarkannya karena salah satu bukti fosil peralihan. Tapi belum
    tentu itu adalah fosil peralihan karena bisa saja burung itu lahir secara tidak sempurna sedang evolusionis
    menggapnya fosil peralihan. Gak apalah seandainya jenis fosil tersebut ditemukan dibanyak tempat tapi nyatanya dapatnya cuma satu.
    Diwebsite itu juga terdapat video caci makian terhadap HarunYahya tapi gak apalah menurut HY. orang sabar disayang tuhan..

    >> Harun Yahya bukan ahli biologi ahli fisika dsb, dia hanyalah orang seni rupa yang merangkap sebagai penulis. dia
    hanyalah menyimpulkan, mengumpulkan dan menyatukan penemuan ilmuan hingga menjadi sebuah teori yaitu teori penciptaan.

    Kelebihan Teori penciptaan karena didukun oleh ilmu pengatahuan dan kitab suci… dibanding teori evolusi yang hanya cocok untuk dongengan anak-anak.

  • By fitry, 11 December 2009 @ 14:09

    setuju deh, saya percaya bahwa Nabi Adam adalah manusia pertama, dan masa iya berwujud kera. Ga mungkin kali.

  • By wulan, 29 January 2010 @ 11:47

    i love sains forever………………………….. and pertahankan sejarah untuk kehidupan masa depan and jagan lupa kata presiden kita dulu “jangan sekali-kali melupakan sejarah”!!!!!!!!!!!!!!!!!!! ok guys………………………………….

  • By ifa, 6 February 2010 @ 12:39

    hai assalamualaikum..

    aku juga lagi cari” info ni tentang evolusi buat essay ku.

    masalah yang aku angkat adalah kesalahan anggapan orang tentang evolusi darwin. Kita beranggapan bahwa tori darwin itu menyatakan bahwa manussia berasal dari kera. itu salah kan.. karena sebenarnya darwin tidak pernah beranggapan demikian. Darwin hanya menyatakan manusia dan kera berasal dari leluhur yang homolog. (kalau gk slah)

    Jadi kita juga gk boleh semata mata nyalahin darwin mengenai teori evolusinya. Yang perlu kita tahu juga, biarlah evolusi itu menjadi sebuah teori ilmiah dan jangan sampai dihubungkan terlalu jauh dengan agama, filsafat, dsb. thx. eh aku juga minta tlg juga siapapun yang bisa kasih tahu aku tetang fakta sebenarnya bahwa darwin tidak menyatakan demikian.

  • By evawani, 18 April 2010 @ 18:30

    baca ceritnaya
    jadi pengen lihat bagai man dulunya kehidupan manusia yg berasak dari kera…
    kenap perbandingan nyajauh berbeda dengan manusia sekarng??

  • By Nealz, 11 May 2010 @ 20:00

    bener2 sangaat membingungkan..kita sebagai manusia… yang tak tahu asal usul nyaaa….
    tapi yang pasti saya berasal dari kandungan mama yang kawin dengan papa….

    itu baru bukti nyata nyaa….
    BETUL tiiiidaaaak????

  • By choco, 11 May 2010 @ 20:06

    jangan2… si darwin itu… ga memiliki agama lagi… jadi dia mengarang.., cerita yg menyebabkan manusia berasal dri kera….

    bisa jadi khaaan????
    toh ampe skrg bukti2nya msh kurang jelas…..

    (sungguh terlalu)!!!!!!!

  • By adi, 23 July 2010 @ 11:00

    saya setuju bang holly dan bang abrah, belum (tidak)ditemukannya rantai yang hilang dari kera ? ke manusia ? merupakan pertanyaan yang besar !!!. alquran hanya sebagai signs ilmiah dan alquran bukan buku science, kita manusia mungkin tidak (belum) sampai pada pemikiran, namun kita bisa omong tentag hipotesis itu yang belum terjawab…….

  • By heru, 9 September 2010 @ 05:19

    heran, jaman skrg masih aja ada yang ragu tentang nenek moyangnya, monyet tetap lahirin monyet,.masa bisa mau lahirin manusia walaupun mutasi alam. yang punya pendapat dari manusia kera itu cuma pemikiran pendek dan bodohnya orang yang tersesat. kita jangan ikutan dong, saya si gak sudi punya moyang dari monyet,.hahaha,

  • By aji, 14 October 2010 @ 14:12

    mw tanya,,,emang darwin pernah bilang ya kalau manusia itu evolusi dari kera, kalu ada coba saya dikasih tahu buktinya….perasaan bukunya darwin ga pernah bilang gtu deh

  • By sondher, 28 October 2010 @ 20:39

    dari judulnya aja udah salah> darwin tidak pernah bilang kalo manusia itu dari kera!

    HY itu memakai gambar yg di potoshop, teorinya juga dipatahkan coba googling “debunking harun yahya”

  • By Nurul Hasanah, 28 January 2011 @ 18:36

    Saya lebih setuju bahwa nenek moyang manusia itu adalah Adam & Hawa…!

  • By Andrian, 24 February 2011 @ 04:36

    comment2 yg msih ga setuju ama postingan di atas gw yakin “monyet”.. masih ada aja yg bego2 y trnyata sodara2 ku.

    seluruh dunia jg udh pada tau kalo si Agan Darwin lewat buku2nya secara tdk lgsg berpendapat kalo manusia evolusi dari kera!!

    tdk mesti hrus ada state dalam bukunya,” woi manusia2,, moyang lu tuh MONYET”

    kali aja dia takut kena bacok ama org yg ga terima :D

    igt jg sodara2 ku,, jgn prnh tkut dngan tekanan2 apapun selama selama kita msih pada syariat islam!!
    pedoman kita ttp pd Al-Quran. semua ilmu apapun ada disana. tau gak sejarah tokoh2 penemu dlm Islam?? contoh nya Al Khawarizmi,Jabir Ibnu Hayyan, Fatima al-Firhi, Abbas ibn Firnas, al-Haitham, Al-jazari, msh bnyak lg tuh OM!!

    tuh org2 Islam yg mengguncang dunia dgn penenuaanya. mereka ttp berpedoman Al-Quran.

    Jd Intinya, agama kita udh jelas2 d launching sesempurna mgkin. o iy Om, Islam jg agama yg modern bkn agama kuno. Islam jg mengikuti perkembangan zaman. OK

  • By rahman, 1 March 2011 @ 11:19

    masak sih manusia berasal dari kera…
    apa bnar ya teori yang dikatakan oleh Darwin..???

  • By Mira Fonseca, 13 March 2011 @ 10:53

    Hi….saya sangat tertarik dengan idenya Candra dan Ifa. Tapi sebelumnya perlu saya ingatkan bahwa saat ini banyak orang yang percaya bahwa manusia berasal dari kera karena memang mereka mendapatkan informasi ini dari para guru sejarah yang mana para guru tersebut juga adalah dibina dalam sistem pendidikan “LEARNING BY ROTE” sehingga tidak menganalisah ide dari guru mereka sebelumnya. Konsekuensinya adalah mentransfer info ini lurus-lurus kepada murid-murid mereka disekolah. Saya juga secara pribadi tidak setuju kalau manusia itu berasal dari kera karena dari awal mula manusia diciptakan, terliha jelas bahwa perasaan dan sifatnya tidak sama dengan kera.

    Pertanyaan saya adalah: JIKA MANUSIA DAN KERA BERASAL DARI LELUHUR YANG HOMOLOG ATAU MAKLHUK YANG SAMA MAKA APA NAMA DARI MAKLHUK TERSEBUT menurut idenya si Darwin?

    I’m waiting for your reply.

  • By nerty, 29 March 2011 @ 09:01

    klau sa tak pla yg mna satu nak plh sbbkn sa blm lgi bca bku yg darwin tulis….tpi yg penting bgi sa adalah sa nie wujud dri ciptan tuhan yg esa

  • By iskandar, 6 August 2011 @ 07:11

    Kalaupun darwin mempunyai teory kaya’ gt.
    Itu tandanya die yang dari monyet.
    Kita yang beragama islam tetap mempercayai bahwa nenek moyang kita adalah nabi Adam dan hawa.

  • By zul, 28 October 2011 @ 16:00

    Sy stuju pendapat pak Khalid, kalau bisa teori Darwin tidak diajarkan lg di sekolah. Manusia adalah di ciptakan oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Dan orang islam percaya Nabi Adam dan Hawa adalah manusia pertama dimuka bumi ini.
    Ngomong-ngomong, pernah atau tidak seorang ILMUAn yg nyoba Bawa seekor monyet ke KOTA dan plihara dg baik selama puluhan atau 100 an thn, dan BAWA juga seorang MNUSIA ketengah hutan belantara tanpa diurus makan minum dsb, slama 100 an th jg. Cek perkembanagannya! Sy rasa monyet tsb akan tetap seperti monyet.
    Justru MANUSIA yg dihutan tsb.yg tidak terurus akan beruhah sdikit demi sedikit, misal: rambut, kumis, janggut dll, kalo gk dipotong 1 th, 10 th bahkan 100 th mungkin akan berubah seperti jenggot pohon beringin. (katanya boleh berpendapat sebelum berpendapat itu dilarang).

  • By isyar sawang, 7 January 2012 @ 21:31

    klw menurut saya….mnusia purba brsasal dari Nabi adam dan siti hawa

Other Links to this Post

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Theme Design

%d bloggers like this: