Analisa Tarif Baru SimPATI PeDe

Semalam browsing di Detikinet.com trus nemu lagi tulisan mengenai Telkomsel yang menurunkan tarif dasar, membuat penasaran juga. Seberapa jauh sih penurunan yang “dijanjikan” 50 hingga 70% dari pernyataan tersebut ?

Menggunakan skema tarif baru yang sudah dimasukkan telkomsel di dalam websitenya, saya mencoba menghitung tarif baru, khusus untuk SimPATI PeDe.

Kenapa SimPATI PeDe ?

Agar bisa dibandingkan dengan tulisan sebelumnya yang juga sudah membahas mengenai promosi 0,5 rupiah / detik dari SimPATI PeDe.

Nah…mari kita mulai…

Apabila gambarnya kurang jelas, silakan mengklik gambar tersebut atau langsung membuka website Telkomsel disini untuk melihat skema tarifnya.

Sebelum menghitung, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Penggunaan kata “On Net Mobile” dan “Off Net Mobile” yang tidak umum, menyebabkan saya menebak-nebak apa artinya. Setelah membuka referensi pada link di Simpati Pede, akhirnya bisa paham juga bahwa yang dimaksud dengan On Net Mobile itu adalah Sesama Telkomsel dan Off Net Mobile itu adalah ke lain operator.
  2. Lokal dan non lokal sepertinya sudah dihapuskan, kecuali untuk telepon ke PSTN
  3. Promo 0,5 rupiah/detik kalau dilihat pada tabel di atas sepertinya sudah mulai diberlakukan juga ke lain operator, melihat tabel promo di bagian kanan sudah mencakup keseluruhan, tapi kenyataannya rupanya tidak seperti itu. Tarif tersebut lagi-lagi hanya berlaku untuk sesama Telkomsel. Link informasinya dapat dilihat disini.
  4. Hitungan dibawah, seperti hitungan pada tulisan-tulisan sebelum ini, hanya menghitung tarif ke lain operator. Bukan sesama telkomsel.
  5. Asumsi yang saya gunakan dalam tulisan ini adalah SimPATI PeDe tidak menerapkan 0,5/detik ke lain operator.

Nah, mari sekarang coba dihitung:

  1. Pemakaian 90 detik (1 menit, 30 detik)Biaya yang dikeluarkan pada skenario ini, adalah 90 x 25 = Rp. 2.250,-
  2. Pemakaian 120 detik (2 menit)Biaya yang harus dikeluarkan adalah 120 x 25 = Rp.3.000,-
  3. Pemakaian 180 detik (3 menit)Ini adalah skema yang di iklan selalu dianggap “ideal”, karena menurut mereka, rata-rata orang melakukan panggilan adalah 3 menit. Tarif SimPATI PeDe untuk skema ini adalah 180 x 25 = Rp. 4.500,-
  4. Pemakaian 300 detik (5 menit)Biaya yang dikeluarkan untuk pemakaian ini adalah 300 x 25 = Rp. 7.500,-
  5. Pemakaian 900 detik (15 menit)Saya mencoba untuk menghitung pembulatan 15 menit, agar ada perbandingan harga yang cukup besar dengan skenario sebelumnya. Biaya yang dikeluarkan adalah 900 x 25 = Rp. 22.500,-

Terus terang, sewaktu menghitung ini, saya bolak balik membuka web telkomsel untuk meyakinkan bahwa tarifnya memang sesuai dengan tabel yang ada.

Bagaimana perbandingan harga SimPATI PeDe dengan program IM3 0,00000000001/detik dan XL 0,00000…1/detik ?

Dibawah ini adalah tabel yang saya buat dengan berdasarkan kepada tulisan sebelumnya yang dapat dibaca disini.

XL masih memegang tarif termurah pada menit tertentu. Itu juga karena skenario yang “unik” dimana XL berani menurunkan tarif menjadi Rp. 10/detik.

Saya masih menunggu IM3 yang “katanya” juga akan menurunkan tarif. Namun sampai hari ini masih belum muncul informasi resminya pada website resmi.

Sedangkan SimPATI PeDe ?  Silakan lihat sendiri 😀

Silakan menyimpulkan sendiri 🙂

This entry was posted in Selular and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

54 Responses to Analisa Tarif Baru SimPATI PeDe

  1. Hey there! I’m at work browsing your blog from my new iphone! Just wanted to say I love reading through your blog and look forward to all your posts! Keep up the superb work!

  2. Taufik Awizar says:

    Asslmkm Mas,

    Saya Taufik,saya ingin pindah dari skema tarif simpati pede,ke paket simpati apa ya saya harus pindah?mohon pencerahanny dan kodeny!

    Wassalam
    Taufik

  3. A. D. Estrela says:

    boleh nggak pindah tarif ke simpati pede soalnya itu lebih murah.

  4. Coba lihat tahun penulisan artikel ini 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.